Pulau Tidung, Pulau Tersembunyi Di Jakarta

4

Wisata Pulau Tidung di Jakarta memiliki keindahan wisata bahari yang patut Anda kunjungi. Pulau Tidung memiliki air laut yang jernih dengan batuan karang yang berwarna – warni. Di kawasan wisata Pulau Tidung, Anda juga dapat menyaksikan hijaunya pemandangan hutan mangrove.

wisata pulau tidung
Keindahan Pulau Tidung, sumber: hello-pet.com

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang menjadi bagian dari Kepulauan Seribu yang kini telah menjelma menjadi destinasi wisata di Ibu Kota Jakarta yang diminati banyak wisatawan untuk menghabiskan libur akhir pekan mereka bersama keluarga. Wisata Pulau Tidung memiliki suasana pantai dan air lautnya yang tenang, oleh karena itu Pulau Tidung banyak disukai wisatawan terutama warga ibu kota yang selalu mendengar kebisingin khas kota metropolitan.

Di Pulau Tidung, banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya untuk bersantai di saung atau di bawah pohon rindang, berjemur, melihat sunrise atau menikmati permainan air seperti banana boat, water spot, kano, angsa laut dan jet sky. Pulau Tidung terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar adalah destinasi wisata pantai di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Sementara Pulau Tidung Kecil adalah kawasan yang tidak berpenghuni dan hanya ditumbuhi hutan mangrove yang dikelola langsung oleh pemerintah daerah Jakarta untuk menjaga keseimbangan alam.

pulau Tidung
Pemandangan Pulau Tidung, sumber: www.java-wisata.com

Untuk dapat sampai di Pulau Tidung, Anda dapat berangkat dari pelabuhan yang ada di Marina Ancol. Dari pelabuhan tersebut, Anda akan menempuh perjalanan selama 1 jam dengan speed boat untuk sampai di Pulau Tidung. Selain menggunakan pelabuhan Marina Ancol, titik keberangkatan ke Pulau Tidung dapat juga Anda lakukan dari pelabuhan yang ada di Muara Angke. Dari Angke, Anda akan menempuh waktu perjalanan selama 2,5 jam untuk sampai di Pulau Tidung tersebut.

Selain banana boat, water spot, kano, angsa laut dan jet sky, Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling dan diving di kawasan wisata Pulau Tidung ini. Di Pulau Tidung sendiri sudah banyak tersedia penyewaan peralatan snorkeling yang dapat Anda datangi. Salah satu keunikan di Pulau Tidung adalah adanya Jembatan Cinta.

jembatan cinta
Jembatan Cinta Penghubung Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, sumber: pulautidung-indonesia.com

Jembatan Cinta ini sesungguhnya adalah jembatan yang menghubungkan Tidung Besar dan Tidung Kecil. Ketika Anda jalan – jalan di sepanjang jembatan ini, Anda akan mendapatkan pengalaman yang menarik. Anda dapat menyaksikan panorama laut yang memikat dengan air laut kebiruan, terumbu karang yang indah hingga menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbenam (sunset).

Sunset
Sunset di Pulau Tidung, sumber: anekatempatwisata.com

Ada satu kegiatan yang menjadi favorit di kalangan wisatawan ketika berkunjung ke Jembatan Cinta ini, yaitu lompat tidung. Lompat tidung merupakan sebuah lompatan yang dilakukan dari atas Jembatan Cinta ke air laut yang memiliki tinggi 6 meter. Cuaca di Pulau Tidung cukup panas, sehingga panas matahari adalah sesuatu yang wajar apabila Anda berkunjung ke pulau ini. Untuk itu, cara terbaik agar tubuh tetap adem selama menikmati wisata di Pulau Tidung adalah dengan menggunakan pakaian dengan bahan katun yang menyerap keringat, serta pilihan baju berwarna cerah untuk menghindari penyerapan sinar matahari yang banyak.