Sensasi pedas kuliner Tahu Gejrot

Waktu sore di Bandung, tiba-tiba anda menginginkan jajanan yang memberikan sensasi segar, ada rasa pedasnya, dan khas tanah Sunda? Anda mungkin bisa mencoba menjadikan tahu gejrot sebagai cemilan sore anda. Datang dari Cirebon, tahu gejrot menjadi salah satu kuliner andalan dari Jawa Barat yang cukup terkenal di Nusantara dan tidak sulit menemuinya di Bandung.

Sensasi pedas kuliner Tahu Gejrot
Sensasi pedas kuliner Tahu Gejrot

Tahu gejrot terbuat dari tahu goreng, yang dipotong kecil-kecil yang disiram oleh  saus spesial. Saus ini berbahan dasar bawang merah, garam, dan cabe rawit, yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan saus encer yang biasanya disimpan dalam sebuah botol bertutup gabus dan gula merah untuk memberi rasa manis.  Seberapa pedas anda inginkan pada saus tersebut, bisa dengan mudah diatur dengan menyebutkan berapa jumlah cabe rawit yang dibubuhkan dalam bumbu sausnya.

Konon, kata “gejrot” itu sendiri berasal dari cara menuangkan kuah dari botol, yaitu dengan menggerakkannya ke atas dan ke bawah berulang-ulang dengan mulut botol mengarah ke bawah. Tahu yang digunakan pun bukan tahu biasa, namun tahu Cirebon yang memiliki rasa tawar dan tekstur yang sedikit kasar, berbeda dengan tahu Sumedang yang lebih lembut dan gurih rasanya.

Cara penyajiannya pun tidak biasa. Tahu gejrot biasanya disuguhkan menggunakan piring dari tanah liat, terkadang dilihat orang mirip seperti cobek mungil, dimana bahan-bahan dasar bumbu saus langsung dihaluskan dalam wadah ini. Cara menikmatinya pun tidak menggunakan alat makan konvensional, seperti sendok atau garpu, namun cukup dengan sebatang tusuk gigi saja.

Dengan sederet keunikan tersebut, tak heran bila tahu gejrot menjadi salah satu penganan yang banyak dicari ketika berkunjung ke Bandung.  Sensasi tahu goreng yang nikmat berpadu dengan saus yang segar, manis, dan pedas, menciptakan cita rasa yang menggoyang lidah. Dengan bandrol harga yang relatif terjangkau, yaitu sekitar empat sampai enam ribu rupiah, menambah alasan mengapa tahu gejrot patut diburu saat anda datang ke Bandung.

mm

Pribadi yang masih bingung mencari destinasi