Beli Tiket Bus ALS Via Aplikasi Ponsel

Beli Tiket Bus ALS Via Aplikasi Ponsel

By John Travel

Anda yang sering bepergian menggunakan bus untuk rute Sumatera – Jawa mungkin sudah familiar dengan nama perusahaan otobus ALS. ALS yang merupakan kependekan dari Antar Lintas Sumatera ini adalah perusahaan bus yang melayani perjalanan darat dengan rute Sumatera – Jawa yang menawarkan berbagai macam pengalaman perjalanan misalnya menggunakan bus non AC. AC non toilet, AC bertoilet, eksekutif, hingga yang premium alias super eksekutif.

Beli Tiket Bus ALS Via Aplikasi Ponsel
Source foto: sukabis.org

Perusahaan yang sudah eksis sejak tahun 1966 ini bisa jadi andalan Anda untuk melakukan perjalanan darat menggunakan bus yang lebih nyaman, pelayanan yang lebih profesional, dan tentunya tiket yang lebih mudah didapat karena sekarang sudah bisa Anda beli secara online di Traveloka. Berikut adalah beberapa tips beli tiket untuk naik bus ALS untuk rencana perjalanan Anda.

Tentukan dengan pasti tanggal keberangkatan

Salah satu untungnya beli tiket bus secara online Anda bisa lebih mudah memilih tanggal keberangkatan untuk perjalanan sesuai kebutuhan. Tapi sebelum tiket pastikan pada tanggal tersebut Anda memang bisa benar-benar berangkat dan tiba di titik keberangkatan dengan tepat waktu. PO ALS memang memiliki kebijakan refund jika Anda memutuskan untuk tidak jadi berangkat di tanggal yang telah ditentukan namun uang yang dikembalikan tidak semuanya alias hanya 50% saja dari harga tiket yang sudah dibeli. Begitu juga jika Anda ingin melakukan penjadwalan ulang, mungkin akan dikenakan biaya tambahan tergantung dengan kondisi dan ketentuan dari perusahaan. Jadi pastikan Anda bisa berangkat di tanggal yang sudah ditentukan agar tidak rugi karena sudah bayar tiket.

Pilih tipe bus yang ingin dinaiki

ALS menyediakan beberapa macam range harga tiket bus ALS yang bisa dipilih berdasarkan dengan tipe bus yang tersedia dan juga rute perjalanannya. Untuk bus kelas non AC disediakan format kursi 2-3 yang bisa dipilih untuk Anda yang ingin perjalanan lebih ekonomis. Kemudian untuk kenyamanan yang lebih baik bisa pilih bus dengan fasilitas AC yang menggunakan format kursi 2-2 sehingga ruang duduk terasa lebih luas. Sedangkan untuk Anda yang ingin lebih nyaman, fasilitas bus yang lebih lengkap dan kelas bus yang lebih premium bisa memilih bus ALS kelas eksekutif atau super eksekutif. Fasilitas premium yang bisa Anda dapatkan antara lain adalah reclining seat, layar TV, bantal, selimut, colokan listrik, bagasi barang luas, toilet bersih, dan juga ruangan khusus untuk merokok. Penumpang bus eksekutif dan super eksekutif juga akan mendapatkan makanan kecil dan makanan utama tergantung dari rute perjalanan.

Ketahui aturan yang ditentukan oleh PO

Tentu sayang jika Anda harus rugi karena barang bawaan yang ingin dibawa ternyata tidak boleh masuk ke dalam bus dan harus ditinggal ketika Anda akan berangkat. Atau Anda terpaksa harus berurusan dengan anak yang rewel karena tidak nyaman duduk di kursi yang sama dengan Anda dan ingin kursinya sendiri tapi si kecil tidak punya tiket. Untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan perjalanan Anda dan membuat repot, ada baiknya untuk tahu aturan atau ketentuan yang dimiliki oleh PO sebelum beli tiket. Beberapa aturan yang dimiliki oleh PO ALS antara lain adalah:

  1. Anak-anak yang ingin kursi sendiri harus memiliki tiket dan tidak ada ketentuan batas usia
  2. Bus akan mentoleransi keterlambatan penumpang maksimal 15 menit
  3. Masing-masing penumpang dibatasi membawa bagasi maksimal 20 kg
  4. Penumpang dilarang untuk membawa hewan
  5. Waktu berangkat, tipe bus, dan juga rute bus bisa berubah sewaktu-waktu baik dengan pemberitahuan maupun tanpa pemberitahuan terlebih dahulu karena alasan operasional.

Selain hewan peliharaan, Anda juga bisa mengecek mengenai barang lain apa saja yang tidak boleh dibawa oleh penumpang. Biasanya barang-barang yang mengeluarkan bau tajam seperti buah durian, ikan asin, terasi, pupuk, dan lain sebagainya memiliki aturan khusus. Ada yang membolehkan untuk dibawa ada juga yang tidak boleh karena bisa mengganggu penumpang lain atau menyebabkan bagasi penumpang lain jadi tertempel oleh bau tersebut. Senjata tajam, obat-obatan terlarang, dan juga minuman beralkohol biasanya tidak boleh dibawa oleh penumpang. Petugas perusahaan otobus biasanya akan mengecek barang bawaan milik penumpang demi alasan keamanan, kemudian memberikan label pada barang penumpang sehingga barang hilang yang tidak ada labelnya bukan tanggung jawab dari PO.