Berwisata Di Pantai Watu Godek

Berwisata Di Pantai Watu Godek

By G-Traveler

Pantai Watu Godek merupakan sebuah pantai yang sangat indah yang terletak di kawasan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur tepatnya di Kecamatan Tempursari. Tempat ini menawarkan keindahan pantai yang dikelilingi tebing – tebing yang menjulang tinggi. selain itu disini Anda juga bisa menemukan rerumbunan pohon pandan laut yang banyak tumbuh disekitar pantai Watu Godek, sehingga menjadikan pemandangan yang berbeda dari setiap sudutnya. keunikan lain dari wisata ini adalah adanya batu – batu besar yang menjulang tinggi yang berada dipinggir pantai. Pantai ini belum banyak yang mengenal, tetapi panorama yang ditawarkan sangatlah menakjubkan.

Pantai watu godek kabupaten lumajang

Keindahan Pantai Watu Godek, sumber: aininalmira28.wordpress.com

Apabila Anda mengunjungi tempat ini ditengah perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat mempesona dengan dikelilingi rawa – rawa yang ada disekililingnya. Jernihnya air rawa yang berbeda dengan rawa pada umumnya menambah keeksotisan tersendiri dari tempat ini.

Pantai Watu Godek berasal dari dua suku kata, yaitu Watu yang berarti Batu dan Godek yang berarti Bergoyang. Awalnya nama ini diambil dari kejadian alam yang sangat unik sekali, yaitu adanya sebuah batu besar yang menjulang tinggi yang berada di pinggir pantai, tetapi pada waktu air laut sedang pasang, batu ini akan bergoyang dikarenakan adanya terjangan ombak. Dengan adanya kejadian ini masyarakat setempat memberi nama Pantai Watu Godek.

Pantai Watu Godek

Pantai Watu Godek, sumber: Kompasiana.com

Di pantai ini wisatawan biasanya sering menghabiskan waktunya untuk bermain di pinggir pantai, tetapi perlu diingat ombak di pantai ini sangatlah besar yang bisa mengakibatkan Anda tertarik ke arah laut. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan berenang di rawa – rawa sekitar Pantai Watu Godek. Wisata ini biasanya akan ramai pada lebaran atau idul fitri dan tahun baru, untuk itu apabila Anda ingin menikmati suasana yang nyaman pilihlah hari – hari libur yang bukan bertepatan dengan hari raya idul fitri dan tahun baru. Untuk masalah kuliner, pantai ini sangat terkenal dengan ikan tongkol bakarnya yang memang sangat berbeda dengan kuliner ikan bakar pada umumnya. Biasanya para wisatawan yang berkunjung kesini tidak mensiasiakan waktunya untuk menikmati kuliner khas yang ada disini.

Rawa

Rawa yang ada di sekitar Pantai Watu Godek, sumber: www.twisata.com

Agar wisata Anda ke tempat ini menjadi lebih menyenangkan dan tentunya aman sebaiknya Anda membaca tips dibawah ini

  1. Tidak berenang di pantai dan apabila Anda ingin berenang sebaiknya berenang di rawa – rawa yang ada disekitar pantai. Terutama bagi Anda yang membawa anak kecil atau balita dampingi anak Anda pada waktu bermain di sekitar pantai.
  2. Apabila menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya periksa kendaraan Anda, karena medan yang akan mengantarkan Anda ke pantai ini sedikit extrim, karena melewati bukit – bukit.
  3. Bawalah perlengkapan pribadi dan pakaian ganti
  4. Apabila Anda ingin berkunjung dengan suasana yang nyaman, datanglah selain hari raya idul fitri dan tahun baru.
  5. Di pantai ini belum ada tempat orang berjualan makanan ringan dan minum – minuman terkecuali pada saat momen – momen hari raya dan tahun baru untuk itu persiapkan makanan dan minuman pada waktu Anda berada di Kecamatan Pasirian atau Kecamatan Tempursari.

Bagi anda yang akan berkunjung ke Pantai Watu Godek terdapat dua jalur alternatif yang dapat Anda gunakan, yaitu melewati Kabupaten Malang atau melewati Kabupaten Lumajang. Apabila Anda berasal dari luar kota Anda bisa menggunakan pesawat dan transit di Bandar Udara Juanda, Surabaya.

Alternatif pertama untuk mengujungi tempat ini adalah dengan melanjutkan perjalanan dari Surabaya menuju Kabupaten Lumajang dengan menggunakan angkutan Bus atau menyewa taksi. Dari Kabupaten Lumajang Anda harus meneruskan perjalanan lagi ke arah Kecamatan Pasirian, dari Pasirian Anda bisa meneruskan perjalanan menuju Kecamatan Tempursari melewati pesisir pantai selatan. Diantara perbatasan Kecamatan Pasirian dan Tempursari inilah lokasi wisata pantai Watu Godek berada.

Alternati kedua Anda bisa melanjutkan perjalanan dari Surabaya menuju Malang, lalu dari Malang Anda bisa meneruskan perjalanan ke arah Kecamatan Dampit dengan menggunakan Bus mini. Dari Kecamatan Dampit Anda masih harus melanjutkan perjalanan ke arah Kali Bening, disini Anda harus turun untuk berpindah kendaraan menuju Kecamatan Tempursari. Tidak jauh dari Kecamatan Tempursari wisata Pantai Watu Godek berada.

Ditengah perjalanan menuju Pantai Watu Godek Anda akan menemukan beberapa tempat wisata menarik di Kabupaten Lumajang yang letaknya tidak jauh dari pantai Watu Godek, antara lain:

  1. Gua Tetes
  2. Pemandian Alam Selokambang
  3. Wisata Pantai Bambang
  4. Wisata Banyu Ceblog
  5. Wisata Ranu Klakah