Menikmati Hidangan Dengan Tema Back To Nature Di Sapu Lidi

Menikmati Hidangan Dengan Tema Back To Nature Di Sapu Lidi

By G-Traveler

Destinasi wisata Sapu Lidi yang berada di Lembang, Bandung adalah salah satu pilihan bagi sebagian besar kalangan penikmat travelling. Bagi Anda yang menginginkan suguhan suasana natural, maka tempat ini merupakan pilihan yang tepat selain itu di tempat ini Anda dapat bersantai bersama keluarga. Pengembangan objek wisata dengan konsep back to nature terlihat berjalan efektif di kawasan Jawa Barat. Hal ini terbukti dari semakin banyaknya tempat wisata bernuansa alam di sejumlah kota di belahan barat pulau Jawa ini. Sebut saja Kebun Raya Bogor, Dusun Bambu, Floating market dan termasuk wisata yang akan dibahas pada artikel kali ini, yaitu Sapu Lidi yang berada di Lembang.

Sapu lidi lembang

Saung – saumg sawah khas pedesaan yang menjadi daya tarik utama di Sapu Lidi Lembang, sumber: INITEMPATWISATA.com

Nama objek wisata Sapu Lidi ini mungkin terdengar sedikit aneh, tetapi inilah keunikan destinasi wisata tersebut yang membuatnya tak pernah sepi dari pengunjung, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Konsep wisata bernuansa alam memang terbilang tepat di era yang semakin sarat akan kecanggihan teknologi dan cenderung artifisial. Dengan istilah kembali ke alam, seseorang diharapkan dapat melepas kepenatan sekaligus melepaskan diri dari ragam rutinitas masyarakat perkotaan dan hiruk pikuk yang menyertainya.

Tempat wisata Sapu Lidi adalah salah satu pilihan tepat bagi Anda jika ingin menikmati sekaligus memanjakan diri dengan nuansa alam pedesaan. Di tempat ini, Anda benar – benar dapat menghirup segarnya udara alami khas pedesaan. Tak hanya kesejukan udara alaminya, objek wisata yang terletak di Bandung Utara ini juga siap memanjakan Anda dengan lezatnya sajian kuliner khas Lembang, lengkap dengan galeri seni yang mengagumkan yang ada disana. Secara ringkas, Sapu Lidi Lembang memang diprioritaskan bagi Anda yang ingin bermanja – manja dengan semua hal yang erat kaitannya dengan keindahan alam.

Sapu lidi

Suasana khas Sapu Lidi Lembang yang mengusung tema Back To Nature, sumber: Wisata Bandung – Panduan Wisata

Konsep pengembangan destinasi wisata Sapu Lidi ini berfokus pada nuansa alam pedesaan yang nyaman dan damai. Oleh sebab itu, rancangan tempat makan yang nyaman dalam balutan suasana asri dan hijau adalah salah satu yang sangat ditonjolkan. Inilah pengalaman memikat yang dapat Anda temukan tatkala singgah di Sapu Lidi Resto & Cafe. Sejak pertama kali dibuka lebih dari sepuluh tahun lalu, Sapu Lidi Resto & Cafe selalu berusaha menyajikan aneka pengalaman menarik bagi para pengunjungnya. Nuansa pedesaan yang natural dan elok adalah daya tarik luar biasa yang disukai banyak kalangan penikmat travelling. Anda dapat menikmati suguhan makanan lezat di tengah – tengah hamparan sawah. Menariknya, tempat makan di Lembang yang satu ini dirancang sedemikan unik yang menyerupai saung – saung di tengah sawah yang diapit perbukitan. Meskipun temanya adalah resto dan cafe, tetapi tampilannya sungguh natural dengan saung yang terbuat dari bahan bambu.

Di Sapu Lidi Resto & Cafe duduk lesehan adalah pilihan terbaik untuk menambah kesan alami yang dominan disana. Jika Anda melihat ke bawah, Anda akan melihat tanah berumput hijau dan hamparan petak – petak sawah di sekeliling Anda. Suasana nyata seperti di persawahan sungguh terasa kental, ditambah lagi dengan orang – orangan sawah yang biasanya digunakan para petani untuk mengusir burung. Selain itu, akses menuju saung – saung tersebut telah didesain sedemikian rupa sehingga Anda akan melewati sebuah jalan kecil yang diapit oleh sawah pada sisi kiri dan kanan. Selain itu, Anda dapat melihat aliran air yang mengalir layaknya aliran air irigasi.

Sistem pelayanan di Sapu Lidi ini juga hadir dalam balutan konsep tradisional yang kental. Para pelayan Sapu Lidi Resto dan Cafe menggunakan busana tradisional khas daerah setempat yang akan menyambut Anda dengan sopan dan penuh keramahan. Selain bersantap di tengah sawah, Anda juga dapat memilih tempat bersantap di area kolam ikan. Tempat ini adalah sebuah bangunan pondok kayu yang dibangun tepat di atas kolam ikan mas. Menikmati hidangan di pandok kayu ini menghadirkan suasana yang berbeda dibandingkan ketika Anda menikmati hidangan di saung sawah. Jika di saung sawah Anda akan makan dengan cara duduk lesehan, tetapi di pondok kayu kolam ikan emas ini tersedia kursi dan meja. Bangunan pondok ini dapat menampung pengunjung dalam jumlah yang cukup banyak, sebuah hal yang berbeda dari saung – saung yang hanya berkapasitas kecil atau hanya dapat menampung beberapa orang saja. Tetapi sebagian pengunjung lebih memilih saung sawah untuk menikmati hidangan di tempat ini, karena pondok kolam ikan relatif lebih ramai.

menu hidangan sapu lidi lembang

Hidangan yang disajikan secara tradisional di Sapu Lidi Cafe & Resto, sumber: Twitter.com

Saat berkunjung di Sapu Lidi, Anda akan menjumpai aneka menu aneh yang mungkin jarang terdengar di telinga. Tersedia berbagai menu unik khas Sunda yang patut Anda coba, seperti Ikan Penghuni Sapu Lidi, Cumi Dag Dig Dug, Ayam Hiber Ka Bulan, Ayam Kahaseupan, dan masih banyak lagi. Untuk harga tiap menu cukup bervariasi, mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 55 ribu saja. Di samping menu makanan yang lezat, tersedia pula berbagai jenis minuman di Sapu Lidi Resto dan Cafe. Misalnya, aneka jus buah, soft drink, dan tentu saja minuman tradisional khas Jawa Barat, yaitu Wedang Ronde dan Sekoteng. Untuk harga minumannya juga bervariasi, mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 35 ribu.

Kawasan wisata Sapu Lidi adalah sebuah destinasi wisata alam terpadu yang turut menyediakan penginapan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan suasana natural yang sungguh memikat hati. Nama penginapan di tempat ini adalah Sapulidi Cafe, Resort & Gallery. Di penginapan tersebut Anda dapat memesan kamar dengan tawaran harga dan fasilitas yang bervariasi, contohnya seperti Suite Pemandangan Danau, Suite Presidential, dan Kamar Suite.