Menikmati Seblak Khas Kota Bandung

Menikmati Seblak Khas Kota Bandung

By G-Traveler

Kota Bandung merupakan kota terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak di sebelah tenggara Jakarta dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduknya. Kota Bandung merupakan salah satu kota yang mempunyai beberapa destinasi wisata yang banyak dicari oleh wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri, dengan hal ini tentunya memberikan dampak terhadap populernya makanan khas kota ini. Salah satu makanan yang terkenal di Bandung adalah Seblak. Bagi warga kota Bandung kata seblak sudah biasa didengar dan dinikmati, namun tidak bagi orang-orang yang berkunjung ke Kota Bandung. Seblak adalah makanan khas Bandung yang terdiri dari kerupuk yang direbus lalu dimasak dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, dan cabe rawit.

Seblak kering

Seblak kering, sumber: www.kuliner123.com

Seblak telur

Seblak telur, sumber: seseblakan.com

Seblak kerupuk

Seblak kerupuk, sumber: makananpipitpunya.blogspot.com

Memang cara pembuatannya seperti membuat mie atau kwetiaw goreng dan rebus dari bahan kering, tetapi seblak memiliki cita rasa yang berbeda. Selain memiliki tekstur yang lebih kenyal biasanya seblak juga diolah dengan bumbu yang lebih pedas. Pada awalnya, pembuatan seblak hanya dimasak dengan kerupuk kuning yang direbus dan dipadukan dengan bumbu-bumbu sederhana. Namun saat ini pembuatan seblak sudah dibuat dalam berbagai variasi mulai dari seblak kering dan juga seblak basah.

Seblak ceker

Seblak ceker, sumber: seseblakan.com

Seblak tulang

Seblak tulang, sumber: seseblakan.com

Seblak makaroni

Seblak makaroni, sumber: www.opensnap.com

Seblak sosis

Seblak sosis, sumber: info-kau.blogspot.com

Seblak saat ini sudah dapat ditemui di beberapa tempat bahkan sudah mulai dijual oleh pedagang seblak keliling. Tetapi jika anda pergi ke Bandung dan ingin menikmati lezatnya seblak, di bawah ini adalah beberapa tempat yang menyediakan seblak dengan cita rasa yang berbeda:

Seblak Basah Deut Tjenghar

Seblak Basah Deut Tjenghar berada di jalan purnawarman BEC. Seblak ini sangat terkenal akan rasanya yang pedas, tetapi uniknya jajanan seblak basah ini berisi 6 macam campuran kerupuk, baso, siomay dan ceker. Seblak semacam ini di bandrol dengan harga Rp 8.000,-. Seblak Basah Deut Tjenghar menyediakan pelayanan secara delivery bagi pelanggannya

Seblak Pak Haris

Seblak Pak Haris berada di sekitar Jalan Moh. Toha Bandung, Jalan Karasak, Gg. Uta I. Keunikan dari seblak Pak Haris ini terletak pada namanya, yaitu “Seblak Spaggeti Sosis Ceker” . Seblak ini tentunya berbahan dasar seblak pada umumnya yang dikombinasikan pasta, sosis dan juga ceker.

Kedai Aki

Kedai Aki Ini berada di Jalan Cilengkrang 2 di depan KUA Cibiru. Seblak ini memiliki perbedaan dengan seblak pada umumnya, karena seblak yang satu ini bukan hanya sedikit basah tetapi berkuah. Seblak Kedai Aki ini terdiri dari seblak ceker, siomay dan baso tahu.

Raja Seblak Mg. Ogo

Raja Seblak Mg. Ogo berada di daerah Soreang, tepatnya di Jalan Gading Tutuka 1. Selain seblak basah juga ada seblak ceker, seblak tulang, seblak kikil, seblak telur puyuh, seblak makroni dan lain-lain.

Seblak Nalaktak

Seblak Nalaktak ini berada di halaman Masjid Agung Buah Batu, Bandung. Seblak Nalaktak dapat dinikmati mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.30. Pembuatan seblaknya tidak hanya terbuat dari kerupuk saja tepati terdapat makaroni, siomay, dan baso tahu.

Selain tempat-tempat diatas anda dapat berkunjung ke restoran atau bahkan café-café yang menyediakan seblak sebagai menu hidangannya. Jika anda tidak memiliki waktu untuk dapat pergi ke Kota Bandung dan menikmati Seblak. Di bawah ini resep pembuatan seblak yang anda dapat hidangkan di rumah anda:

Bahan-bahan Resep Seblak Basah

  1. 1 genggam kerupuk kanji mentah, kurang lebih 50 gram
  2. Bahan pelengkap, bisa pilih salah satunya atau dikombinasikan. Anda dapat memilih bakso dan sosis sebagai pelengkapnya (1 buah sosis dan 2 butir bakso sapi ukuran sedang diiris agak tipis)
  3. 1 butir telur ayam dikocok lepas
  4. 1 tangkai daun bawang, potong kecil-kecil
  5. 1 tangkai seledri, cincang
  6. Bawang goreng secukupnya
  7. Garam dan penyedap rasa secukupnya
  8. Kecap manis secukupnya
  9. Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan :

  1. 5 buah cabai rawit (sesuai dengan kebutuhan)
  2. 2 siung bawang merah
  3. 1 siung bawang putih
  4. 1 butir kemiri
  5. Kencur (secukupnya)

Cara Membuat Seblak Basah

  1. Didihkan air dan rendam kerupuk mentah hingga lumer, angkat kemudian tiriskan dan beri sedikit minyak goreng agar tidak saling menyatu, aduk rata dan sisihkan.
  2. Haluskan bumbu-bumbu, panaskan wajan dan tumis bumbu yang sudah halus sampai harum.
  3. Masukkan bakso dan sosis yang sudah diiris, daun bawang dan seledri, lalu aduk hingga rata.
  4. Masukkan kerupuk yang sudah dilumerkan tadi, lalu aduk kembali
  5. Masukkan telur kocok dan aduk agak cepat agar telur tidak menggumpal.
  6. Beri sedikit air dan bubuhkan garam beserta penyedap rasa secukupnya.
  7. Diamkan beberapa saat hingga air sedikit berkurang kemudian bubuhkan sedikit kecap manis untuk memperkuat rasa dan aduk sampai air benar-benar mengering.
  8. Tuangkan ke mangkuk atau piring saji dan taburkan bawang goreng diatasnya.
  9. Seblak basah pedas gurih siap disajikan