Misteri Keindahan Yang Tersembunyi Dari Situ Lembang

Misteri Keindahan Yang Tersembunyi Dari Situ Lembang

By G-Traveler

Situ jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah danau. Salah satu danau terindah yang dimiliki Bandung adalah Situ Lembang. Situ Lembang merupakan salah satu danau yang terletak di Bandung, tepatnya terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua. Situ lembang terletak diantara kaki Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang, selain itu situ ini terletak di ketinggian 1.567 meter diatas permukaan laut.

Situ Lembang

Situ Lembang, Sumber : tempatwisatadibandung.info

Situ Lembang merupakan Danau Buatan yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sumber mata airnya berasal dari Hulu sungai Cimahi dan Hulu Cai Gunung Barangrang. Dari Situ Lembang ini air mengali ke Sungai Cimahi dan juga menjadi mata air untuk PDAM. Situ Lembang ini juga menjadi penampungan air terbesar di kawasan Bandung Utara atau masuk wilayah Kabupaten Bandung Barat. Selain hal tersebut Situ Lembang ini terkenal akan keindahannya, akan tetapi sangat disayangkan untuk menikmatinya memerlukan prosedur yang sulit karena untuk saat ini kawasan Situ Lembang tidak dibuka untuk umum. Sebenarnya hal ini sangat tidak diharapkan bagi traveler-traveler yang mencari destinasi wisata alam, tetapi tempat ini tidak dibuka untuk umum karena berbagai alasan.

situ lembang

Pemandangan Situ Lembang, Sumber : www.flickr.com

hutan pinus

Hutan Pinus Situ Lembang, Sumber : www.flickr.com.

Hal yang membuat kawasan Situ Lembang ini ditutup karena saat ini Kawasan situ dijadikan tempat latihan untuk anggota Komando Pasukan Khusus atau lebih dikenal dengan sebutan Kopassus. Kopassus sendiri merupakan bagian dari komando utama tempur yang dimilki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. Selain alasan tersebut alasan lain yang menyebabkan situ ini ditutup adalah dijadikannya tempat ini sebagai daerah resapan air dan dimanfaatkan sebagai sumber air bersih bagi warga Bandung dan sekitarnya, sehingga daerah sekitar situ harus benar-benar terjaga kebersihannya.

gerbang pelatihan kopassus

Gerbang Pelatihan Kopassus di Situ Lembang, Sumber : wokopunyablog.blogspot.co.id

Untuk saat ini Ketika mengunjungi Situ Lembang dilarang masuk oleh Tentara yang selalu berjaga di pos masuk kawasan ini, para penjaga pos ini selalu berpesan jika ada pengunjung yang datang. Pesan yang akan disampaikan terhadap pengunjung adalah jika orang umum ingin mendatangi tempat ini, maka harus meminta izin ke markas tentara yang ada di Batujajar, Padalarang.

Di Situ Lembang juga terdapat kawasan pohon pinus yang sangat luas. Ketika masih di buka untuk umum Situ ini banyak digunakan sebagai sarana untuk memancing, karena ikan di situ ini sangat banyak. Terlepas dari prosedur yang cukup sulit jika ingin menikmati keindahan Situ Lembang para traveler tak usah khawatir karena di kawasan ini masih terdapat tempat yang tak kalah indahnya,yaitu Kawasan Wisata Curug Tilu. Kawasan Wisata Curug Tilu merupakan kawasan wisata yang dibuka untuk umum dan cara masuknya tidak sesulit prosedur yang akan dihadapi jika memasuki Situ Lembang disini para pengunjungnya hanya menunjukan kartu identitas kepada petugas yang berjaga di pintu masuk.