Pesona Pantai Pandawa

Pesona Pantai Pandawa

By G-Traveler

Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai dengan hamparan pasir putih yang terletak di Pulau Bali. Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung. Pantai ini lebih dikenal dikalangan wisatawan mancanegara khususnya Australia dengan nama secret beach, sedangkan masyarakat setempat mengenal pantai ini dengan nama Pantai Kutuh. Saat ini, Pantai Pandawa sudah menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Balik baik dari dalam maupun luar negeri. Setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai yang terletak di desa Kutuh ini, mereka akan dibuat terpesona akan keindahan pemandangannya. Anda akan mendapatkan pasir putih yang bersih, serta ombak yang tenang, bebas dari polusi dan beberapa pedagang acung.

Pantai Pandwa

Pantai Pandwa, sumber: www.penabiru.com

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa, sumber: aswadmansur.wordpress.com

Untuk dapat memasuki kawasan wisata Pantai Pandawa, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 4.000 /orang untuk wisatawan domestik dan Rp 10.000 /orang untuk wisatawan asing. Untuk biaya parkir sendiri Anda perlu membayar sebesar Rp 5.000 /mobil. Tentunya jika dibandingkan dengan beberapa tempat wisata di Pulau Bali tiket masuk Pantai Pandawa ini terbilang cukup murah sekali.

Jika berkunjung ke Pantai Pandawa Anda tak perlu khawatir jika tidak membawa bekal dan merasa lapar, karena disini sudah banyak tersedia warung makan yang menyajikan makanan dan minuman, seperti nasi goreng, mie goreng dan beragam aneka olahan seafood bahkan ada warung makan yang menyajikan makanan khas wisatawan asing. Jika Anda ingin berjemur, warung makan disini menyediakan kursi berjemur berserta payung yang dapat anda sewa. Selain itu di pantai ini menyediakan jasa pijat refleksi yang bernama Pandawa SPA. Berikut ini beberapa rincian harga yang ditawarkan oleh Pandawa SPA kepada para pelanggannya:

Pandawa Massage – 90 Menit Rp 130.000
Balinese Massage – 60 Menit Rp 100.000
Balinese Massage – 90 Menit Rp 130.000
Relaxation Massage – 60 Menit Rp 100.000
Back Massage – 30 Menit Rp 50.000
Shiatsu Massage – 60 Menit Rp 100.000
Pijat Refleksi Kaki – 30 Menit Rp 40.000
Pijat Refleksi Kaki – 60 Menit Rp 80.000
Manicure – 60 Menit Rp 60.000
Pedicure – 60 Menit Rp 60.000
Manicure & Pedicure – 60 Menit Rp 100.000

Tetapi harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu.

Pandawa Spa

Pandawa Spa, sumber: www.water-sport-bali.com

Di Pantai Pandawa selain berenang Anda dapat menikmati wahana wisata yang tersedia seperti bermain Kano. Kano adalah sebuah perahu kecil dan sempit yang biasa digerakkan oleh tenaga manusia. Anda dapat menyewa kano dengan harga Rp 25.000 /orang untuk single kano domestik dan Rp 50.000 / 2 orang untuk double kano domestik. Harga diatas merupakan harga penyewaan kano dengan durasi 1 jam.

kano

Kano yang tersedia di Pantai Pandawa , sumber: www.kompasiana.com

Jika Anda berenang di pantai tentunya Anda tidak lepas dari perlengkapan keselamatan, seperti jaket pelampung. Disini Anda dapat menyewanya dengan harga Rp 20.000 / 1 jam. Untuk menikmati keindahan pantai ini dan tidak ingin kulit Anda terkena panas terik sinar matahari Anda dapat menyewa sun deck dan payung dengan harga Rp 50.000.

sundeck

Beberapa tempat untuk berjemur dan pedestrian sepanjang pantai, sumber: www.kompasiana.com

Untuk memasuki kawasan Pantai Pandawa atau Kutuh, Anda harus melewati sebuah jalan yang diapit oleh tebing batu yang terjal, di tebing terjal ini terdapat patung dari Panca Pandawa, karena itu dinamakan Pantai Pandawa. Rentang dari pantai ini adalah sekitar 1 kilometer, dengan dibatasi oleh tebing kapur membuat pantai ini sangat diminati oleh beberapa wisatawan yang datang ke Pulau Bali. Walaupun jalan yang akan Anda lewati berliku, tetapi tak perlu khawatir karena jalan menuju pantai sudah di aspal dengan baik dan tempat parkir yang tersedia cukup luas.

Patung Panca Pandawa

Patung Panca Pandawa, sumber: www.water-sport-bali.com

Ketika berkunjung ke Pantai Pandawa dari Bandara Ngurah Rai Anda akan menempuh waktu perjalanan sekitar 1 jam dengan jarak 18 kilometer. Walaupun jarak yang harus Anda tempuh hanya 18 kilometer, tetapi waktu yang diperlukan untuk mencapai lokasi adalah 1 jam perjalanan. Hal ini disebabkan karena jalan menuju pantai yang terletak di desa Kutuh berliku-liku dan Anda akan memasuki daerah rawan akan kemacetan, terutama di depan tempat wisata GWK Jimbaran. Untuk lebih memudahkan perjalanan Anda menuju Pantai Pandawa, Anda dapat mengunakan jasa sewa mobil dan sopir. Dengan ini Anda akan diantar oleh sopir untuk mencapai lokasi.