Mengenal Lebih Dekat Wisata Tanjung Lesung

45

Kawasan wisata Tanjung Lesung adalah salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Kota Pandeglang, Provinsi Banten. Destinasi wisata ini menawarkan sejumlah tempat menarik, seperti kampung wisata Tanjung Lesung, Pantai Bodur, Pulau Liwungan, dan sebagainya. Kawasan wisata Tanjung Lesung sendiri merupakan sebuah daratan berbentuk lesung yang menjorok ke laut dan memiliki luas sekitar 1.500 Ha. Di tempat wisata ini terdapat pemandangan indah berupa hamparan pasir putih yang bersih dan alami. Selain itu, hamparan tebing yang tidak begitu curam di sisi utara tanjung dan laguna berkedalaman sekitar 5 meter turut menambah pesona objek wisata yang ada di Provinsi Banten yang satu ini. Pantai di kawasan Tanjung Lesung memiliki ombak yang relatif tenang dan tidak besar.

tanjung lesung
Salah satu spot favorit yang ada di Tanjung Lesung, sumber: Portal Berita & Gosip Terbaru

Daerah wisata Tanjung Lesung cukup terkenal di kalangan masyarakat Banten. Berdasarkan sejarah, Tanjung Lesung adalah nama sebuah kampung yang dahulu bernama kampung lesung. Nama ini dibuat untuk mengenang keahlian seorang gadis bernama Sri Poh Haci yang pandai bermain lesung dan ngagondang. Menurut cerita yang berkembang dikalangan masyarakat, Sri Poh Haci adalah seorang gadis yang pandai dan merupakan seorang pemimpin gadis di kampungnya saat bermain lesung. Suatu ketika dirinya bertemu dan jatuh cinta dengan seorang pengembara dari pesisir selatan Pulau Jawa yang bernama Raden Budog. Raden Budog jatuh cinta pada kecantikan dan kepiawaian Sri Poh Haci saat memainkan lesung.

Setelah keduanya menikah, Raden Budog yang senang mendengarkan alunan irama lesung ini sering menonton Sri Poh Haci saat bermain lesung dan lama kelamaan merasa senang memainkan lesung hingga lupa waktu. Raden Budog yang keras kepala dan terus bermain lesung, ternyata melupakan suatu adat daerah setempat yang melarang bermain lesung pada hari Jum’at. Masyarakat setempat mempercayai bahwa hari Jum’at adalah waktu keramat untuk bermain lesung. Karena melanggar pantangan tersebut, Raden Budog berubah menjadi seekor lutung dan Sri Poh Haci yang merasa malu akhirnya pergi dari kampung halamannya. Oleh karena kampung Sri Poh Haci ini terletak di sebuah tanjung, lambat laun masyarakat menyebutnya dengan nama Tanjung Lesung.

wisata pantai tanjung lesung
Wisata Pantai Tanjung Lesung, sumber: Aneka Tempat Wisata
Pantai Bodur
Pantai Bodur yang merupakan salah satu pantai di Kawasan Wisata Tanjung Lesung, sumber: PegiPegi

Kawasan wisata Tanjung Lesung sendiri menawarkan beberapa pilihan area wisata yang menarik. Selain cocok digunakan sebagai tujuan wisata keluarga, Tanjung Lesung dapat dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai acara resmi, mulai dari launching produk, pelatihan, hingga family gathering dengan memanfaatkan wahana outbond yang ada. Secara umum terdapat 3 area wisata yang dapat Anda pilih, yaitu:

  1. Olahraga
watersport
Beberapa kegiatan olahraga air yang ada di Tanjung Lesung, sumber: Perjalanan Tak Berujung

Berbagai fasilitas olahraga, mulai dari olahraga yang ringan hingga yang membutuhkan keahlian khusus dapat Anda lakukan di Tanjung Lesung. Dengan panduan dari guide profesional, Anda dapat berolahraga dayung kayak, golf, jet ski, dan permainan yang memacu adrenalin seperti banana boat. Permainan paintball yang menggabungkan olahraga fisik dan kemampuan berpikir strategi juga dapat Anda lakukan dengan panduan dari seorang pengawas.

  1. Petualangan
snorkeling
Kegiatan snorkeling yang dapat dilakukan di kawasan wisata Tanjung Lesung, sumber: objekwisata.com

Jika Anda menyukai petualangan, Anda dapat menjelajahi pulau dengan kegiatan snorkeling ke area yang dekat dengan kawasan wisata Tanjung Lesung, seperti Krakatau, Ujung Kulon, dan Pulau Liwungan. Selain wisata Tanjung Lesung, Anda juga dapat mendapatkan pengalaman dalam kegiatan bahari lainnya yang ada di Banten, yakni Wisata Pulau Umang. Anda dapat melakukan perjalanan dengan boat atau perahu menuju Pulau Umang. Waktu yang akan Anda tempuh untuk menuju Pulau Umang sekitar 20 menit perjalanan.

  1. Budaya

Jika Anda ingin mempelajari kebudayaan dan kebiasaan penduduk asli Tanjung Lesung, maka Anda akan mendapatkannya dengan mudah. Karena di Kawasan wisata Tanjung Lesung menawarkan objek wisata budaya yang dapat Anda temui di kampung Cikadu maupun kampung Cikanon. Ketika Anda mendatangi kampung ini, Anda akan disambut dengan alunan lesung. Anda bahkan dapat memainkannya bersama dengan penduduk yang ada disana.

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui tentang kegiatan nelayan di kampung ketika menangkap ikan. Anda akan diajarkan bagaimana cara memancing secara tradisional dan cara pengolahan ikan menurut penduduk setempat. Jika ingin belajar berkebun, Anda dapat belajar teknik berkebun di kampung Cikadu dengan menjadi seorang petani salak atau petani sayur. Jika beruntung, Anda dapat mengolah sendiri sayur mayur Anda dan membawanya pulang sebagai oleh – oleh untuk keluarga di rumah.

Terdapat sejumlah tempat yang dapat Anda pilih sebagai tempat menginap selama berada di Tanjung Lesung terutama jika Anda datang dengan rombongan. Beberapa penginapan yang ada disini diantaranya Kalicaa Villa Tanjung Lesung, Blue Whale Sanctuary, dan Blue Fish Hotel. Fasilitas akomodasi yang diberikan oleh setiap penginapan merupakan fasilitas standar hotel berbintang yang tidak akan mengecewakan.

resort tanjung lesung
Salah satu penginapan yang ada di Tanjung Lesung, sumber: www.tanjunglesung.com

Untuk dapat tiba di kawasan wisata yang ada di Provinsi Banten ini, Anda dapat menempuh perjalanan melalui jalur darat menggunakan bis, mobil pribadi, atau kendaraan roda dua dengan durasi perjalanan sekitar 4 jam dengan tujuan kota Pandeglang. Ada dua rute perjalanan yang dapat Anda pilih untuk menuju kawasan wisata Tanjung Lesung. Rute Pertama, Anda dapat menggunakan tol dengan tujuan Jakarta – Merak, lalu keluar di pintu Gerbang Tol Serang Timur. Setelah melewati Kota Serang, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju ke arah Kota Pandeglang dan Labuan hingga akhirnya tiba di Tanjung Lesung. Rute Kedua, Anda dapat menggunakan tol dengan tujuan Jakarta – Merak, tetapi pintu keluar yang Anda pilih berbeda dengan rute pertama, yaitu Gerbang Tol Cilegon. Setelah itu Anda dapat melanjutkan perjalanan menyusuri pesisir Anyer – Carita hingga ke arah Labuan hingga akhirnya tiba di Tanjung Lesung. Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua menuju Kawasan Wisata Tanjung Lesung, Anda dapat menggunakan dua rute perjalanan, yaitu rute pertama Anda dapat memulainya dari Kampus IPB Bogor menuju Jasinga, lalu mengambil arah menuju Rangkas Bitung. Sesampainya di Rangkas Bitung, Anda dapat mengambil arah menuju Kota Pandeglang hingga akhirnya sampai di Tanjung Lesung. Rute kedua, jika Anda memulai perjalanan dari arah Serpong, Anda dapat menuju ke Cimone lalu mengambil arah Serang. Sesampainya di Seran, Anda dapat mengambil arah menuju Kota Pandeglang hingga akhirnya sampai di Tanjung Lesung.