Mengintip Kelezatan Pisang Bollen Kartika Sari

Bandung adalah kota yang menjadi ikon Jawa Barat. Bandung yang merupakan ibukota provinsi Jawa Barat ini adalah kota yang terkenal akan tempat wisata alam maupun wisata kulinerny. Kuliner yang satu ini wajib bagi wisatawan yang datang ke Bandung untuk membawanya sebagai oleh-oleh. Karena rasa enak dan lezatnya, beberapa wisatawan sering beranggapan, “belum disebut ke Bandung kalau tidak membawa kuliner ini”.

Mau tahu nama kuliner tersebut? Namanya pisang bollen Kartika Sari. Pisang bolen  ini adalah perpaduan pisang dan keju yang dibalut adonan kulit pastry. Kelezatannya sudah tidak dapat diragukan lagi, perpaduan bahan-bahan dalam pembuatannya melahirkan rasa yang tiada duanya. Rasa keju dan pisangnya menyatu ketika kue tersebut digigit dan melumer di dalam mulut.

pisang bollen kartika sari
Pisang Bollen Kartika Sari, sumber: kulinerdaerahaceh.blogspot.com
Pisang bollen Kartika Sari
Pisang bollen Kartika Sari, sumber: www.tokopedia.com

Kartika Sari berdiri, berawal sejak tahun 1970an dari seorang ibu yang berantusias membuat berbagai macam kue dari rumahnya. Awalnya dia hanya menekuni hobi membuat kue, kue buatannya di antaranya, seperti bolu kukus, kue lapis dan beberapa kue lainnya. Ternyata banyak yang menyukai kue buatannya, karena hal tersebut dia kemudian menjadikan hobinya sebagai lahan bisnis. Kue-kue yang awalnya hanya dipesan oleh orang-orang yang dikenalnya, mulai dipesan oleh orang banyak.

Kue yang sangat diminati para pelanggannya adalah pisang bollen. Untuk memberikan alternatif pada para pelanggannya, Toko kue Kartika Sari memperkenalkan rasa kue bollen dengan berbagai varian rasa seperti pisang bollen cokelat, peuyeum (tape) bollen, durian bollen, kacang hijau bollen dan apel bollen. Di toko kue Kartika Sari tak hanya bollen yang dapat dijadikan sebagai buah tangan karena terdapat berbagai jenis pilihan kue lain yang tersedia seperti  brownies panggang, brownies kukus, cheese stick, cheese roll, lapis legit, lapis malang, banana roll dan bagelen oval.

Kue yang dijual di toko kue Kartika Sari
Kue yang dijual di toko kue Kartika Sari, sumber: bandung.panduanwisata.id

Bagi pencinta makanan tradisonal, di toko kue Kartika sari tersedia beberapa makanan yang menggoda selera seperti  lemper ayam, bika ambon, kroket, risoles dan lain-lain. Beberapa jenis kripik tradisional pun  tersedia di sini. Penggemar kue-kue Kartika Sari sekarang lebih mudah untuk berkunjung ke gerai-gerainya. Kartika Sari memiliki tujuh gerai yang tersebar di Kota Bandung, seperti Kebon Kawung, Dago, Kebon Jukut, Buahbatu, Kopo, Terusan Jakarta, dan Cimahi.

toko kue kartika sari
Salah satu gerai toko kue Kartika Sari, sumber: kartikasari.com

Untuk layanan online pembeli bisa mengunjungi situs kartikasari.com. Online Shoping milik Karti Sari ini pelayanannya mencakup 3 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Kartika Sari membuka  usaha restoran di gerai Kartika Sari Dago dan Buahbatu. Restoran itu bernama Madame Sari. Kartika Sari juga membuka kafe bernama Morenos yang biasa digunakan tempat istirahat sejenak bagi para pelanggan yang sedang belanja. Berikut ini adalah alamat yang bisa anda kunjungi jika ingin menikmati kelezatan pisang bollen Kartika Sari:

Kartika Sari Kebon Kawung
Jl. H. Akbar no. 4 Kebon Kawung – Bandung

Kartika Sari Dago
Jl. Ir. H. Djuanda no. 85 Bandung

Kartika Sari Kebon Jukut
Jl. Kebon Jukut no. 3C Bandung

Kartika Sari Buah Batu
Jl. Buah Batu no. 165 A Bandung

Kartika Sari Kopo
Jl. Kopo Sayati no. 111 A Bandung

Kartika Sari Terusan Jakarta
Jl. Terusan Jakarta no. 77E Bandung

Kartika Sari Cimahi
Jl. Raya Timur no. 518 Cimahi

MADAME SARI Restaurant :

Kartika Sari Dago
Jl. Ir. Juanda no 85 No
Kartika Sari Buah Batu
Jl. Buah Batu no. 165 A

Jakeju – Pusat Jajanan Kuliner Bandung :

Kartika Sari Kebon Jukut
Jl. Kebon Jukut no.3c-e

Pisang bollen
Pisang bollen, sumber: resep-makanan.net
apel bollen dan pisang bollen
Apel bollen dan pisang bolen, sumber: virginmojito.wordpress.com

Jika anda tidak mempunyai waktu untuk berkunjung ke toko kue Kartika Sari dan menikmati kelezatan pisang bollen, maka anda hanya perlu membuatnya dirumah dengan resep sebagai berikut:

Bahan Kulit Pisang Bolen :

  • Tepung terigu 250 gram ( protein sedang )
  • pastry margarine Kualitas Bagus 75  gram
  • Susu bubuk 1 sendok makan
  • Gula pasir 50 gram
  • Backing powder 1/2 sendok teh
  • Kuning  telur 2 butir
  • mentega 50 gram
  • Air  es 100 ml

Untuk Olesan Pastry ( kocok ) :

  • Kuning telur 1 butir
  • Susu cair 2 sendok makan

Isi Kue Pisang Bolen :

  • Pisang raja tau dan matang 8 buah
  • Gula pasir 100 gram
  • air 100 ml
  • Keju Sesuai selera
  • Meses Coklat Sesuai selera
  • coklat meises sesuai selera

Cara Membuat Pisang Bolen :

  • Membuat Isi Bolen : rebus pisang raja dengan gula dan air sampai pisang cukup matang namun jangan terlalu lembek. Angkat dan tiriskan
  • Membuat Kulit Bolen : Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, backing powder. Tambahkan kuning telur , mentega dan air es lalu adona di uleni sampai kalis.
  • Bentuk adonan kulit bolen menjadi bulat kemudian diamkan selama 15 menit hingga menggembang.
  • Pipihkan adonan menjadi bentuk persegi, oleskan 1/3 bagian pastry margarin dan ratakan. Lipat sisi kanan dan kiri ke tengah kemudian lipat sekali lagi. Diamkan  selama 15 menit. Lakukan sampai pastry margarin habis. Simpan dalam lemari es selama 30 menit.
  • Tipiskan adonan dengan tebal 3 mm lalu potong potong. Ambil selembar potongan adonan kulit lalu isi dengan satu potong pisang sambil ditekan. Tambahkan coklat meses dan keju di tengahnya sesuai selera aja. Kemudian lipat kembali.
  • Olesi semua adonan dengan bahan olesan, taruh pada loyang untuk di panggang. Panggang pisang bolen selama 20 menit dengan suhu 180 derajat celcius. Angkat dan siap disajikan.

Sumber: www.masakkue.com