Tips Berkunjung Ke Pulau Bunaken

8

Ketika Anda sedang merencakan wisata ke Pulau Bunaken di Manado, tentu saja selain biaya dan kesehatan, Anda juga harus mengetahui sejumlah informasi yang berkenaan dengan tujuan perjalanan wisata Anda tersebut. Sama seperti wisata lainnya di Indonesia, mengunjungi tempat wisata Bunaken di Manado amatlah mudah. Terlebih lagi, Pulau Bunaken telah menjadi sebuah destinasi wisata terpopuler di Kota Manado dan telah disahkan pemerintah Indonesia sebagai wisata Taman Laut Nasional.

Keindahan wisata Pulau Bunaken
Keindahan wisata Pulau Bunaken, sumber: indonesiaexplorer.net

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Bunaken di Manado adalah pada bulan Mei hingga Agustus. Dalam rentang bulan tersebut, air laut sangat jernih dan hangat. Hal ini akan sangat baik untuk mendapatkan jarak pandang maksimal saat menyelam di Bunaken.

Dalam rentang bulan Desember hingga Januari adalah bulan yang kurang menyenangkan untuk datang ke Pulau Bunaken, hal ini disebabkan oleh keadaan laut yang sedang pasang dan air pun kotor, selain itu banyak ditemukan sampah yang terbawa arus sehingga kegiatan menyelam akan menjadi kurang menyenangkan.

Keindahan bawah laut Pulau Bunaken
Keindahan bawah laut Pulau Bunaken, sumber: infotravelkita.com

Namun, saat – saat yang paling tepat adalah di periode bulan Mei – Agustus. Pada bulan tersebut juga akan ramai dengan wisatawan. Kemungkinan ini sangat terbuka lebar. Maka tak ayal, akan ada banyak resort dan operator selam yang tidak akan menerima wisatawan masuk karena pemesanan sudah penuh. Dengan demikian, perencanaan jauh – jauh hari sangat tepat untuk mengantisipasi hal ini.

Jika Anda telah sampai di Pulau Bunaken, bawalah uang tunai dan gunakan untuk bertransaksi, misalnya menyewa peralatan snorkel, sewa foto bawah laut, dan sebagainya. Pembayaran dengan kartu kredit atau debit harus dihindari, kelihatannya tidak ada yang akan menerima model pembayaran tersebut disana.

Kegiatan scuba diving
Kegiatan scuba diving di Pulau Bunaken, sumber: www.paketwisatabunaken.com

Satu hal lagi yang perlu diingat adalah menjaga selalu kebersihan dan kelestarian alam terumbu karang yang ada di Pulau Bunaken. Anda akan menjumpai papan – papan himbauan ini disana. Hal ini sangat penting sekali mengingat perilaku wisatawan tidak sepenuhnya dapat dikontrol. Jika Anda memang ingin datang pada saat – saat akhir tahun, maka mungkin Anda tertarik untuk datang ke Bunaken di medio Oktober. Sebab, Festival Bunaken biasanya diselenggarakan oleh pemerintah pada bulan tersebut. Tentu saja event ini akan semarak dan membuat pengalaman wisata Anda menjadi kian menarik.