Keindahan Pemandangan Sunset Di Pantai Kuta

Keindahan Pemandangan Sunset Di Pantai Kuta

By G-Traveler

Jangan bilang Anda sudah pernah ke Bali, jika belum mengunjungi Pantai Kuta. Tempat wisata yang satu ini sudah menjadi ikon dari wisata pantai di Pulau Bali. Pantai Kuta tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja, namun juga dikenal dengan sangat baik oleh wisatawan mancanegara. Tempat wisata yang berada di pesisir selatan Pulau Bali ini memiliki keindahan yang luar biasa. Garis pantainya memiliki panjang 2 Km dan berbentuk melengkung seperti bulan sabit. Hamparan pasir putih, deburan ombak khas pantai selatan dan deretan pohon kelapanya menjadi pemandangan yang wajib Anda abadikan dengan kamera.

Pantai Kuta

Indahnya Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali, sumber: www.gptours.cc

Pantai yang menjadi ikon pariwisata di Pulau Bali ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah setempat. Berbagai fasilitas pendukung dibangun di pantai ini, mulai dari restoran, penginapan, bar, toko suvenir sampai tempat penyewaan berbagai perlengkapan untuk olahraga air. Memasuki kawasan Pantai Kuta, Anda akan melihat banyak wisatawan lalu – lalang dengan membawa papan selancar. Tempat wisata ini memang dikenal sebagai salah satu lokasi terbaik untuk olahraga air ini, baik bagi peselancar pemula maupun profesional. Tak jarang pantai ini juga dijadikan lokasi perlombaan selancar tingkat nasional dan internasional.

Gapura Pantai Kuta

Gapura Pantai Kuta, sumber: naturallyindonesia.wordpress.com

Menjelang senja, tempat wisata ini semakin ramai didatangi wisatawan. Konon Pantai Kuta mendapat julukan ‘Pantai Matahari Terbenam’, sebagai tandingan dari Pantai Sanur yang disebut sebagai ‘Pantai Matahari Terbit’. Pemandangan matahari terbenam di Pantai Kuta telah diakui oleh banyak wisatawan yang datang ke sini.

Untuk dapat menikmati keindahan tempat wisata ini, Anda tidak dipungut biaya. Hanya saja jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda perlu membayar biaya parkir sekitar 5.000 Rupiah. Harga ini tentu saja sangat murah untuk ukuran pantai seindah Pantai Kuta.

Siapa yang menyangka jika tempat wisata yang tak pernah sepi wisatawan ini awalnya adalah sebuah perkampungan yang tenang dan jauh dari keramaian. Pantai di Kuta ini awalnya hanya sebuah pelabuhan dagang dan tempat berlabuhnya perahu nelayan setelah mencari ikan. Dari para pedagang yang datang, keindahan pantai ini mulai terdengar luas. Orang – orang yang awalnya datang untuk keperluan jual – beli, mulai memanfaatkan kedatangannya untuk sekalian berlibur dan menikmati keindahan pantai yang terletak di Bali Selatan ini.

Hugh Mahbett, seorang penulis pernah menerbitkan buku dengan judul Praise to Kuta. Buku ini berisi tentang keindahan alam di Kuta dan ajakan pada warga sekitar Kuta untuk membangun segala fasilitas pendukung di pantai ini. Menurutnya, Pantai Kuta akan menjadi sebuah tempat tujuan wisata favorit bagi banyak orang karena keindahan yang dimilikinya. Ada banyak kegiatan dan hal menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Kuta. Berikut beberapa hal yang tak boleh Anda lewatkan selama berada di tempat wisata ini:

Menikmati momen matahari terbenam

Sunset pantai kuta

Suasana matahari terbenam di Pantai Kuta, sumber: www.alselacinda.com

Keindahan pemandangan matahari terbenam di Pantai Kuta sudah tidak perlu diragukan lagi. Menikmati momen terbenamnya matahari sambil ditemani es kelapa muda dan jagung bakar tentu menjadi pengalaman yang menarik. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen ini.

Mulai dari dipijat sampai pasang tato temporer

Berjemur di Pantai Kuta tentu bukan hal yang asing lagi bagi wisatawan. Di sepanjang pesisir pantai, Anda akan melihat banyak yang melakukan ‘mandi matahari’ ini baik dengan berbaring di atas kursi malas pantai atau bahkan di atas alas yang digelar seadanya di pasir pantai. Jika berjemur saja tidak cukup, cobalah memanggil tukang pijat yang telah bersiap di sekitar pantai.

Selain pijat, ada hal lain yang menarik untuk Anda coba, kepang rambut dan tato temporer. Sambil bersantai menikmati pemandangan pantai, Anda bisa membiarkan rambut Anda untuk dikepang oleh perempuan – perempuan Bali yang menjual jasa kepang rambut. Selagi berlibur, tak ada salahnya jika Anda mencoba gaya rambut yang berbeda.

Ingin tahu rasanya memiliki tato? Di pantai ini, Anda bisa mentato tubuh Anda tanpa takut menyesal nantinya. Tinta yang digunakan untuk tato ini hanya temporer dan bisa hilang dalam waktu beberapa hari. Ada banyak pola dan gambar yang ditawarkan mulai dari kaligrafi nama Anda sampai dengan gambar binatang dan bunga.

Surfing

Surfing

Para peselancar yang menikmati ombak di Pantai Kuta, sumber: www.water-sport-bali.com

Jangan sia – siakan kesempatan saat berada di salah satu lokasi selancar terbaik di dunia ini. Segera sewa perlengkapan selancar dan mulailah menaklukan ombak Pantai Kuta yang terkenal. Jika belum pandai berselancar, Anda bisa menyewa jasa pelatih sekaligus. Selain selancar, olahraga ekstrim lain yang bisa Anda coba adalah bungy jumping. Sangatlah menyenangkan jika Anda berlibut di Pantai Kuta.

Wisata kuliner

Wisata kuliner selalu menjadi bagian yang menyenangkan dari liburan. Di pantai ini, Anda bisa menikmati kuliner khas laut di tempat yang sesuai dengan keinginan Anda. Ada banyak sekali tempat makan di sekitar Pantai Kuta, mulai dari restoran mahal sampai warung makan dengan harga yang lebih terjangkau. Menu yang disajikan Tentunya sajian khas hidangan laut mulai dari kepiting, udang sampai beragam olahan ikan. Untuk minum, es kelapa muda pasti sangat cocok untuk dinikmati di tengah panasnya pantai ini.

Berburu oleh – oleh

Di sekitar Pantai Kuta ada banyak toko suvenir. Beragam pernak – pernik cantik yang terbuat dari kerang dan bintang laut bisa Anda dapatkan disini. Souvenir buatan lokal ini ternyata sudah mendunia, buktinya sudah banyak kerajinan tangan khas Bali ini yang diekspor ke benua lain seperti Eropa dan Amerika.

Penangkaran Penyu

Selain sebagai tempat wisata populer, ternyata di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah penangkaran penyu. Tak jauh dari bibir pantai, ada sebuah bangunan berbentuk penyu raksasa yang di dalamnya terdapat pasir untuk tempat pengeraman telur – telur penyu. Jenis penyu yang ada disini adalah olive ridley atau penyu lekang yang saat ini tergolong langka.

Yang paling menarik adalah kegiatan pelepasan tukik atau bayi penyu ke laut lepas. Kegiatan ini tidak ada jadwal pasti kapanpun telur menetas, maka akan segera dilakukan pelepasan ke laut. Pelepasan tukik ini melibatkan siapa pun wisatawan yang mau bergabung. Setiap partisipan akan berbaris dan masing – masing membawa kotak plastik berisi seekor tukik. Lalu secara bersamaan, mereka melepas tukik-tukik tersebut. Waktu pelepasan tukik ini biasa dilakukan pada jam 16.45 waktu setempat. Hal ini dengan pertimbangan bahwa burung – burung yang merupakan predator utama tukik akan sulit melihat tukik pada jam tersebut.

Monumen Ground Zero

Monumen Ground Zero

Monumen Ground Zero, sumber: e-kuta.com

Tak jauh dari Pantai Kuta terdapat sebuah monumen yang sudah tak asing lagi. Nama asli Monumen Ground Zero adalah Monumen Panca Benua, namun banyak yang menyebutnya Ground Zero. Ini adalah sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang para korban ledakan bom Bali I pada yang terjadi pada tanggal 12 Oktober 2002. Monumen ini diresmikan tepat dua tahun setelah tragedi tersebut.

Di bagian bawah monumen terdapat daftar nama korban. Setiap tanggal 12 Oktober, monumen ini didatangi banyak keluarga dan sahabat korban untuk acara peringatan dan tabur bunga. Monumen ini terletak di lahan Paddy’s Café yang dahulu menjadi lokasi ledakan, tepatnya di Jalan Legian yang merupakan pusat hiburan di Kuta.

Pantai Kuta terletak di bagian selatan pesisir Bali atau secara administratif berada di Kabupaten Badung. Tempat wisata ini berjarak sekitar 12 Km dari Bandara Internasional Ngurah Rai dan bisa diakses dengan taksi. Tersedia banyak sekali penginapaan di sekitar Pantai Kuta, mulai dari hostel yang biasa digunakan oleh backpackers sampai hotel berbintang dengan kualitas layanan terbaik.