Melihat Pertunjukan Lumba – Lumba Di Laut Lovina

Melihat Pertunjukan Lumba – Lumba Di Laut Lovina

By G-Traveler

Pantai Lovina merupakan salah satu kawasan wisata yang terdapat di bagian utara Pulau Bali, tepatnya sekitar 10 Km arah barat Singaraja. Pantai yang terbilang masih alami ini berada di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali. Walaupun sudah terkenal dengan sebutan Pantai Lovina, tetapi karena letaknya di Desa Kalikbukbuk terkadang orang menyebutnya sebagai kawasan wisata Kalibukbuk.

Pantai Lovina

Pantai Lovina, sumber: plesiryuk.com

Pantai ini memiliki pasir pantai yang berwarna hitam dengan kondisi alam yang masih alami sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu ada satu hal yang menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini, yaitu ketika anda melakukan perjalanan ke tengah laut. Disana anda dapat menjumpai lumba – lumba yang sedang berenang bebas di perairan Lovina yang terletak sekitar 1 kilometer dari bibir pantai. Perairan Lovina memiliki arus yang cukup tenang sehingga para wisatawan dapat berwisata di lautan lepas dengan menggunakan perahu nelayan.

pantai lovina

Seekor lumba-lumba yang terlihat di permukaan laut Lovina, sumber: ksmtour.com

Kawasan ini sangat terkenal sebagai tempat untuk menyaksikan pertunjukkan lumba-lumba liar. Wisatawan yang datang kesini dapat langsung menyaksikan tingkah laku yang lucu dan bersahabat dari lumba-lumba dari tengah laut. Tentu hal ini akan menjadi pengalaman liburan yang sangat menarik. Di kawasan wisata Pantai Lovina anda dapat menemui ratusan ekor lumba-lumba. Untuk bisa melihat atraksi lumba-lumba liar, anda harus berangkat di pagi hari saat matahari akan terbit, karena lumba-lumba di kawasan ini hanya muncul antara pukul 06.00 hingga 08.00 Pada jam itu, beberapa lumba-lumba akan beratraksi secara alami menunjukkan kegiatan mereka. Ada yang hanya sekedar berenang di permukaan air dan ada juga yang melompat-lompat. Tentu anda perlu mempersiapkan kamera untuk dapat mengabadikan momen langka ini, selain itu anda akan dibuat terpesona akan keindahan binatang laut berwarna hitam ini.

Pantai lovina

Pertunjukan lumba-lumba yang dapat dilihat di Kawasan Wisata Pantai Lovina, sumber: www.carrental-bali.com

Biasanya para wisatawan yang ingin melihat pertunjukan hewan yang termasuk ke dalam golongan mamalia laut ini sudah berkumpul di pantai sekitar pukul 05.30 WITA untuk berangkat ke tengah laut. Anda dapat menyewa perahu nelayan yang memang disediakan untuk mengantar perjalanan anda. Perjalanan dimulai dengan menggunakan perahu berukuran kecil yang hanya bisa mengangkut maksimal 4 orang selain sang nelayan. Perahu akan akan mengantar anda sekitar satu hingga dua kilometer ke arah tengah laut tepatnya di tempat biasanya lumba-lumba akan muncul.

Lumba-lumba

Lumba-lumba yang terlihat di laut Lovina, sumber: balitourmurah.com

Ketika dalam perjalanan, anda bisa melihat-lihat pemandangan laut yang begitu indah. Selain itu anda bisa melihat daratan Pantai Lovina dari kejauhan. Setelah sampai di tengah laut, para nelayan akan menyusuri tempat biasanya lumba-lumba akan muncul dan ketika ada sekelompok lumba-lumba yang melompat, nelayan yang melihat akan memberitahu perahu-perahu lain di sekitarnya sehingga perahu-perahu tersebut akan menambah kecepatan untuk mengejar kumpulan lumba-lumba.

Tentu anda dapat merekam momen dimana lumba-lumba tersebut berlompatan di tengah laut. Tetapi anda tidak selalu dapat melihat lumba – lumba yang ada disini karena mereka terkadang tidak muncul ke permukaan. Hal ini tergantung dari faktor alam contohnya seperti saat terjadi pasang air laut, arah angin, dan faktor alam lainnya. Pengejaran yang dilakukan untuk melihat lumba – lumba biasanya akan berlangsung sekitar 3 jam. Namun, apabila anda sudah merasa mual karena mabuk laut anda tidak perlu ragu untuk memberitahu nelayan yang mengantarkan anda untuk segera kembali ke daratan.

Di kawasan wisata Pantai Lovina, anda juga dapat menyelam atau snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut di pantai tersebut. Anda dapat menjumpai beragam ikan hias yang cukup ramah untuk mendatangi para penyelam. Memang taman laut di Lovina tidak seindah taman laut lainnya di Indonesia. Namun, anda akan cukup terhibur dengan bermain-main bersama beberapa ikan hias yanga ada di perairan ini. Di pinggir pantai, anda dapat menemukan berbagai kulit kerang yang beraneka ragam. Tentu Anda bisa mengambilnya untuk koleksi hiasan dan cindera mata yang dapat anda pajang sebagai hiasan di rumah.

Peta wisata di Pulau Bali

Peta yang dapat digunakan menuju Pantai Lovina, sumber: desnantara-tamasya.blogspot.com

Jika anda berkunjung ke Pantai Lovina untuk bermalam, disana banyak terdapat penginapan dengan harga yang terjangkau. Ada juga penginapan yang menyediakan atraksi lumba-lumba yang terlatih maupun kebun binatang mini yang ada di dalam penginapan tersebut. Anda bisa memilih berbagai penginapan dari penginapan sederhana hingga cottage. Ketika anda ingin berkunjung ke Pantai Lovina dari Denpasar, anda bisa melewati Bedugul lalu ke Singaraja dan menuju kawasan wisata Pantai Lovina. Ataupun anda juga bisa melewati rute Bedugul – Seririt – Lovina. Anda dapat menempuh perjalanan melewati kedua rute tersebut dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan. Namun, rute yang harus dilewati adalah jalur yang naik-turun dan berkelok-kelok. Selain kedua rute diatas, terdapat 1 rute alternatif yang dapat anda lewati, yaitu dengan melewati Gilimanuk lalu ke Lovina dengan lamanya waktu perjalanan sekitar 4 jam. Walaupun jarak yang ditempuh cukup jauh dan memakan waktu yang lama, tetapi jalan yang anda lalui ketika melewati rute ini tidaklah berkelok atau naik turun tetapi hanya jalanan lurus.