Pesona Keindahan Pantai Indrayanti

Pesona Keindahan Pantai Indrayanti

By G-Traveler

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai yang patut Anda kunjungi di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Indrayanti terkenal akan pasir putih dan keindahan alamnya yang menjadi buruan para wisatawan yang datang ke Kabupaten Gunungkidul.

Pantai yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Gunungkidul ini berdekatan juga dengan destinasi wisata lainnya yang ada di daerah tersebut seperti Pantai baron, Pantai Sundak, Pantai Drini, Pantai Pok Tunggal, dan lain – lain. Walaupun banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi, tetapi Pantai Indrayanti memiliki daya tarik tersendiri yang dapat mengundang banyak wisatawan yang datang. Tidak hanya bentang pasir putih yang mempesona atau megahnya perbukitan batuan karang, lingkungan yang bersih dan terjaga serta jernihnya air laut seolah mengajak para wisatawan untuk segera berenang dan menikmati keindahan alam yang disuguhkan.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti, sumber: tekoo.com

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti, sumber: informasiwisatagunungkidul.blogspot.com

Air laut di Pantai Indrayanti ini memang sungguh bersih, jernih, dan segar karena lingkungan di pantai ini sungguh benar-benar terawat dengan baik, selain itu ombak disini tidak terlalu besar sehingga wisatawan yang datang tak segan – segan untuk segera berenang. Nama Indarayanti diambil dari nama pemilik sebuah restoran yang ada di kawasan tersebut. Awalnya hal ini berasal dari sebuah papan yang bertuliskan “Indrayanti” yang terpampang di depan restoran sehingga kemudian orang lebih mengenal pantai tersebut dengan sebutan Pantai Indrayanti.

Restoran dan cafe Indarayanti

Restoran dan cafe Indarayanti, sumber: achyarm97.it.student.pens.ac.id

Pemberian nama ini awalnya mengundang kontroversi karena pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah memberi nama pantai ini, Pantai Pulang Syawal. Karena nama Indrayanti yang lebih dikenal dan lebih familiar di masyarakat ataupun para wisatawan sehingga sampai saat ini Pantai ini disebut Pantai Indrayanti.

Kebersihan Pantai Indrayanti tak lepas dari peran aktif pihak swasta yang turut ambil bagian dalam pengelolaan Pantai Indrayanti Gunungkidul yang cukup membawa dampak positif. Terbukti dari denda atau hukuman yang dijatuhkan kepada para pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Hal inilah yang menjadikan Pantai Indarayanti selalu terlihat bersih dan memberikan kenyamanan kepada para pengunjungnya.

Pantai Indrayanti

Bersihnya lingkungan Pantai Indrayanti, sumber: wisatayahudindonesia.blogspot.com

Kenyamanan dan kebersihan adalah misi pengelola untuk menjaga agar kawasan wisata Pantai Indrayanti tidak kotor. Sebuah hal yang tentu saja patut diteladani oleh banyak kawasan wisata di Indonesia. Dengan hal itu pula sehingga dapat menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran para wisatawan untuk tidak hanya memuaskan ego wisata semata, tetapi ikut serta menjaga kenyamanan dan kebersihan tempat wisata.

Pantai Indrayanti

Kebersihan yang terlihat di Pantai Indrayanti, sumber: liburangunungkidul.blogspot.com

Di kawasan pantai ini Anda tidak hanya dimanjakan oleh keindahan pantainya saja, tetapi lidah Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam hidangan laut, seperti olahan cumi – cumi, ikan kakap, ikan kerapu, ikan cakalang, kepiting, udang dan lain – lain. Walaupun di dominasi dengan berbagai macam hidangan laut Anda dapat menemukan sajian nasi goreng, bakso, soto, Gudeg, dan lain-lainnya. Semua menu yang disajikan dapat Anda pesan di restoran – restoran yang ada di tepi pantai sehingga Anda dapat menikmati lezatnya hidangan dengan pemandangan Pantai Indrayanti yang indah.

Jika Anda berniat untuk menikmati keindahan Pantai Indrayanti di malam hari sekaligus bermalam, Anda dapat menemukan beberapa penginapan yang letaknya tak jauh dari pantai. Beberapa restoran dan penginapan yang ada di Pantai Indrayanti semuanya didesain menghadap ke arah pantai. Hal ini pula yang menjadikan liburan Anda di Pantai Indrayanti akan terasa sangat menyenangkan.

Di malam hari Pantai Indarayanti dapat menghadirkan suasana yang berbeda. Beberapa gazebo yang berjajar di tepi pantai terlihat sungguh indah dengan kerlap kerlip lampu yang menghiasinya. Jika Anda datang bersama dengan kekasih atau pasangan, Anda dapat menemukan suasana romantis yang kental di kawasan pantai ini. Hal ini akan terasa lengkap ketika Anda mengajak pasangan atau orang tercinta untuk makan malam di tepi pantai dengan ditemani alunan angin laut dan suara ombak.

Ada hal lain yang dapat Anda temukan di Pantai Indrayanti, tetapi Anda akan menemukannya apabila Anda berjalan menuju bukit di arah timur dan perlu melewati semak bahkan sesekali memanjat karang. Setelah sampai di bukit semua lelah yang Anda rasakan akan terbayar ketika Anda dapat menyaksikan bentang Samudera Hindia yang begitu luas terhampar sepanjang horizon yang terlihat. Burung camar sesekali terbang melintas ditambah desau angin laut dan deru ombak, sungguh keindahan alam yang sangat menawan hati. Saat senja tiba, tempat ini adalah spot terbaik untuk mendapatkan sunset di Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti

Sunset di Pantai Indrayanti, sumber: www.initempatwisata.com

Untuk menuju Pantai Indrayanti perjalanan yang perlu Anda tempuh terbilang cukup mudah dan nyaman untuk dilalui karena jalan yang akan mengantarkan Anda sudah sangat baik. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sangat peduli terhadap akses jalan ke beberapa tempat wisata yang ada. Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Indrayanti sebaiknya Anda membawa kendaraan pribadi, karena belum terdapat kendaraan umum yang dapat mengantarkan Anda sampai ke Pantai.

Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, maka Anda hanya perlu mengikuti petunjuk arah ke Gunungkidul. Setelah sampai di Gunungkidul Anda tidak akan hilang arah untuk menemukan Pantai Indrayanti, karena sudah banyak papan penunjuk arah yang menunjukan arah ke Pantai. Tetapi, jika Anda tidak menemukan arah Pantai Indrayanti Anda hanya perlu mengikuti arah menuju Pantai Baron. Lokasi Pantai Indrayanti tak jauh dari Pantai Baron hanya sekitar ±10 Km. Waktu yang dibutuhkan dari pusat Kota Yogyakarta untuk mencapai Pantai Indrayanti jika dalam kondisi normal adalah 2.5 jam.

Jika pada musim liburan atau akhir pekan Anda akan membutuhkan waktu lebih, karena jalan menuju Gunungkidul akan dipadati oleh kendaraan yang berasal dari luar kota. Harga tiket masuk Pantai Indrayanti sebesar Rp 10.000, tetapi tiket masuk ini dapat digunakan untuk memasuki pantai – pantai lain yang tertera pada tiket.