Menikmati Keindahan Kota Bandung Dari Puncak Ciumbuleuit

Menikmati Keindahan Kota Bandung Dari Puncak Ciumbuleuit

By G-Traveler

Ketika Anda berkunjung ke Bandung dan mencari tempat wisata yang paling asyik sebagai tempat wisata yang romantis serta lengkap dengan pusat wisata kuliner khas sunda di sekitarnya yang murah dan enak, maka kunjungilah Puncak Ciumbuleuit atau yang lebih dikenal dengan nama Punclut atau bahkan ada yang mengatakan puncrut.

Puncak Ciumbuleuit

Suasana Kota Bandung di malam hari jika dilihat dari Puncak Ciumbuleuit, sumber: tempatwisatadibandung.info

Punclut atau Puncak Ciumbuleuit adalah kawasan dataran tinggi yang paling dekat dari pusat kota Bandung. Untuk mencapi Puncak Ciumbuleuit ini Anda akan menempuh jarak tak lebih hanya kurang dari 7 Km saja atau hanya 4 Km dari kawasan wisata belanja Kota Bandung yang paling terkenal seperti Cihampelas walk dan Mox Club. Dengan ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan air laut menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi wisata yang strategis untuk berwisata seperti menikmati eksotisme kota bandung. Karena lokasi Puncak Ciumbuleuit  ini berada di kawasan dataran tinggi, maka udara di kawasan Puncak Ciumbuleuit ini sangat sejuk di siang hari dan sangat dingin di malam hari. Tempat ini seringkali dijadikan kawasan untuk jalan – jalan bahkan olah raga pagi di setiap hari minggu dan libur oleh warga bandung dan juga wisatawan yamg datang dari luar kota.

punclut bandung

Pesona malam di atas Puncak Ciumbuleuit, sumber: sebandung.com

Kawasan Punclut Bandung memiliki luas areal hampir 290 hektar lahan, sehingga menjadikannya sebagai salah satu kawasan paru – paru Kota Bandung, tingkat suhu rata – rata di kawasan Puncak Ciumbuleuit ini antara 15 hingga 22 derajat Celcius. Yang menjadi daya tarik objek wisata bandung utara ini adalah Anda dapat melihat langsung bentuk geografis dari kota yang terkenal akan julukan Kota Kembang dari ketinggian. Apabila Anda tepat berada di titik ini, Anda seperti berdiri di tepian mangkuk raksasa yang sangat besar, dimana Anda bisa melihat eksotisme pemandangan Kota Bandung beserta dengan pegunungan yang mengitari Kota Kembang ini. Ketika Anda melihat ke arah selatan, Anda dapat menikmati bentangan gunung Malabar dan Gunung Patuha yang merupakan lokasi Kawah putih berada. Jika cuaca sedang cerah, bahkan Anda dapat melihat dengan jelas landmark Kota Bandung yang baru yaitu Jembatan Layang Surapati dan juga Menara Kembar Masjid Raya Jawa Barat di Alun – alun Kota Bandung.

Kawasan Puncak Ciumbuleuit saat ini menjadi salah satu objek wisata alam favorit di Bandung, karena dari kawasan ini Anda dapat menikmati pemandangan alam dari Bandung Utara dengan udara yang masih serta jauh dari polusi udara yang ada di daerah perkotaan. Sebagai kawasan wisata yang sedang berkembang Puncak Ciumbuleuit juga sebagai salah satu tempat wisata kuliner di bandung yang mempunyai fasilitas seperti jajaran kedai dan juga pedagang kaki lima yang ada di sepanjang sisi kanan dan kiri jalan Puncak Ciumbuleuit. Mereka menjual berbagai macam pernak pernik mulai dari aneka jajanan makanan sampai dengan cendera mata yang dapat Anda jadikan sebagai oleh – oleh khas Bandung.

kuliner khas Puncak Ciumbuleuit

Kuliner khas Punclut Bandung yang wajib Anda nikmati, sepert sajian Nasi Merah yang dihidangkan dalam wadah yang terbuat dari anyaman bambu dengan dilengkapi banyak makanan pendamping nasi seperti aneka gorengan, tahu bandung, tempe, ayam, udang, cumi, ikan hingga belut goreng lalu sajian tersebut dihidangkan bersama dengan sambal terasi dan lalapan petai mentah atau jengkol goreng, sumber: bangsaid.com

tempat makan yang ada di Puncak Ciumbuleuit

Salah satu tempat makan yang ada di Puncak Ciumbuleuit, sumber: amarramdani.wordpress.com

Tempat makan di Puncak Ciumbuleuit yang berupa warung lesehan ini biasanya menyediakan aneka kuliner khas Sunda. Menu wajib yang biasanya tersedia adalah Nasi Timbel dan Nasi Goreng khas Bandung. Namun ada satu jenis kuliner khas Punclut Bandung yang wajib Anda nikmati, yaitu sajian Nasi Merah yang dihidangkan dalam wadah yang terbuat dari anyaman bambu dengan dilengkapi banyak makanan pendamping nasi seperti aneka gorengan, tahu bandung, tempe, ayam, udang, cumi, ikan hingga belut goreng lalu sajian tersebut dihidangkan bersama dengan sambal terasi dan lalapan petai mentah atau jengkol goreng. Selain menyediakan aneka menu makanan lezat ternyata Puncak Ciumbuleuit juga menyediakan minuman tradisional yang siap memanjakan dan meghangatkan pengunjung dari hawa dingin yang menyelimuti Puncak Ciumbuleuit, seperti bandrek dan juga bajigur. Akan jauh lebih nikmat apabila Anda meminum minuman tradisional tersebut dibarengi jagung bakar dan ketan bakar.

Untuk mencapai salah satu tempat wisata favorit di Kota Bandung ini, sebenarnya sangatlah mudah, karena dari pusat Kota Bandung apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda ganya perlu mengikuti semua rambu lalu lintas atau papan reklame yang akan dengan mudah memandu Anda menemukan alamat ke kawasan punclut bandung yang pastinya ada di daerah Ciumbuleuit. Jika Anda masih bingung, Anda dapat mengikuti rute perjalanan berikut:

  1. Rute jalan menuju kawasan Puncak Ciumbuleuit dari pusat kota Bandung. Anda dapat mengambil arah menuju Bandung Utara menuju daerah Ciumbuleuit. Apabila Anda memulainya dari kawasan wisata Dago bawah dari Jl. Ir. H. Juanda, maka Anda hanya perlu belok kiri sebelum simpang Dago lalu setelah itu Anda belok kanan menuju jalan Siliwangi hingga tiba di pertigaan, kemudian belok kanan menuju jalan Ciumbuleuit.
  1. Rute jalan lainnya adalah melalui jalur alternatif yang biasanya wisatawan lalui ketika berkunjung ke kawasan wisata Lembang yang terkenal seperti Dusun Bambu dan Taman Begonia. Meskipun sepanjang Jalan alternatif Puncak Ciumbuleuit ini jalannya cukup sempit dan menanjak, akan tetapi dapat mempermudah Anda untuk menghindari kemacetan yang terjadi di jalur utama Bandung – Lembang terutama di akhir pekan dan musim liburan.

Berikut ini tips – tips untuk berkunjung ke Puncak Ciumbuleuit:

  • Datanglah sore hari menjelang malam, karena waktu sore hari  menjelang malam adalah waktu yang sangat tepar apabila Anda berkunjung ke Puncak Ciumbuleuit. Pemandangan indah gemerlap lampu di cekungan Kota Bandung dapat dinikmati dengan jelas dari Puncak Ciumbuleuit, sehingga menghadirkan suasana romantis bagi Anda yang berkunjung bersama pasangan. Setiap akhir pekan atau musim liburan tempat ini akan dikunjungi oleh banyak pasangan muda – mudi untuk menikmati pesona keromantisan tempat ini.
  • Sebaiknya jika berkunjung ke Puncak Ciumbuleuit Anda membawa kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan Anda berwisata menikmati aneka sajian kuliner lezat di tengah suasana alam yang berselimut kabut, tentunya Anda akan betah berjam – jam tinggal di kawasan wisata Puncak Ciumbuleuit ini.