Otak-Otak Khas Makassar Yang Wajib Masuk Dalam Daftar Buah Tangan

Otak-Otak Khas Makassar Yang Wajib Masuk Dalam Daftar Buah Tangan

By G-Traveler

Kota Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Kota yang memiliki hari jadi pada tanggal 9 November 1607 dan terkenal akan Pantai Losarinya ini ternyata memiliki olahan makanan yang banyak digemari oleh penduduk dan wisatawan yang datang. Oalahan makanan yang dimaksud adalah Otak-otak, tetapi otak-otak khas Makassar ini akan terasa lebih lezat karena bahan dasar pembuatannya ditambah dengan ikan tenggiri. Penyajiannya bisa dibakar atau digoreng. Selain itu, otak-otak ikan tenggiri ini sangat populer sebagai salah satu oleh-oleh atau buah tangan khas Makassar.

Otak-otak tenggiri khas Makassar

Otak-otak tenggiri khas Makassar, sumber: www.lezat.com

Dalam pembuatannya selain ditambah dengan ikan tenggiri, otak-otak khas Makassar ini menggunakan tepung gandum/sagu sebagai campuran ikan tenggiri. Cara pembuatannyapun cukup mudah, yaitu daging ikan dihaluskan, diberi bumbu rempah, dibungkus daun pisang dan dikukus. Jika anda ingin membawa otak-otak tenggiri sebagai oleh-oleh, sebaiknya untuk langsung memasukkannya ke dalam freezer setelah sampai di rumah. Dengan demikian makanan ini akan tahan lebih lama. Saat anda ingin menyajikannya, anda hanya perlu memanggangnya terlebih dahulu dengan panggangan atau bisa juga dipanaskan dengan menggunakan wajan tanpa minyak kelapa. Otak-otak yang masih panas kemudian dicocol dengan saus kacang atau sambel petis, sehingga rasanya akan semakin gurih dan lezat.

Otak-otak tenggiri khas Makassar

Otak-otak tenggiri khas Makassar, sumber: www.wego.co.id

Jika anda ingin membawa otak-otak ini sebagai buah tangan untuk keluarga, sahabat atau bahkan rekan kerja di kantor, ada dua lokasi yang bisa anda pilih untuk membeli otak-otak khas Makassar yang cukup populer, yaitu otak-otak Ibu Elly dan otak-otak Ibu Sanny. Sebenarnya cukup banyak toko oleh-oleh khas Makassar yang juga menjual otak-otak tapi umumnya mereka memberlakukan pre-order sedangkan di dua lokasi ini otak-otak ikan tenggiri selalu tersedia setiap harinya karena diproduksi sendiri.

Untuk masalah packing, jangan khawatir, otak-otak ini dipacking dengan sangat baik menggunakan kotak kemasan yang cukup rapat dan ringkas untuk dibawa, bahkan jika anda menggunakan pesawat anda tidak akan merasa risih dengan barang bawaan anda. Besar kecilnya kotak ditentukan pada jumlah otak-otak yang dipesan, kotak akan terlihat besar jika anda memesan otak-otak dalam jumlah yang banyak dan akan terlihat kecil jika anda memesan otak-otak ini dalam jumlah yang sedikit tentunya. Di dalam kotak, otak-otak tersusun rapi dengan dibungkus daun pisang yang masih segar. Otak-otak ini umumnya bisa bertahan hingga seminggu jika anda menyimpannya dengan baik di dalam freezer.

Otak-Otak Ibu Elly

Otak-otak Ibu Elly

Otak-otak Ibu Elly, sumber: id.openrice.com

Dari sebuah rumah yang telah diubah menjadi toko, kedai otak-otak Ibu Elly terletak di Jalan Kijang no 7D Makassar. Ibu Elly telah merintis usaha bisnis kuliner otak-otak khas Makassar ini sejak tahun 1995, dengan memasoknya ke beberapa restoran yang ada di Makassar. Ternyata, mertua Ibu Elly yaitu Aci’ Noni telah lebih dahulu memulai jualan otak-otak sejak tahun 1974 di jalan Maccini Tengah, Makassar.

Di kedai otak-otak Ibu Elly terdapat beberapa paket kemasan yang dapat anda pilih untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Makassar, meskipun anda juga bisa membeli dengan harga satuan. Harga paket tentu lebih murah jika dibandingkan ketika anda membeli satuan. Otak-otak Ibu Elly ini dijual dengan harga Rp 4.000 perbijinya, namun jika anda membelinya secara paket Ibu Elly menawarkan beberapa jenis paket dengan harga yang berbeda, seperti paket 10 biji seharga Rp 35.000, paket 20 Biji seharga Rp 60.000, paket 40 biji seharga Rp 120.000 dan paket 50 biji seharga Rp 150.000.

Untuk anda yang ingin mencicipi otak-otak sambil menunggu paket kemasannya siap dibawa pulang, kedai otak-otak Ibu Elly menyediakan kursi dan meja yang diletakkan di depan kedainya. Selain itu, Ibu Elly juga menyediakan beberapa hidangan lain seperti gogos, es pisang ijo, es palubutung dan jajanan lainnya.

Wisatawan yang ingin mampir ke kedai otak-otak Ibu Elly cukup mudah untuk menemukannya, karena lokasinya yang tidak jauh dari rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, di Jalan Jenderal Sudirman, Makassar. Makanan Otak-otak Ibu Elly ini telah meraih penghargaan Makassar Most Favourite Award kategori Kuliner selama 3 tahun berturut-turut, dari tahun 2010 hingga tahun 2012.

Otak-otak Ibu Sanny

Otak-otak Ibu Sanny

Otak-otak Ibu Sanny, sumber: www.tripadvisor.com

Otak-otak Makassar Ibu Sanny didirikan sejak tahun 1995 dan hingga saat ini Ibu Sanny sendiri telah membuka dua toko. Yang pertama terletak di Jalan Singa No. 9 Makassar dan cabangnya ada di Jalan Lasinrang No. 47 Makassar.

Bahan baku ikan tenggiri segar dan campuran rempah pilihan dengan cita rasa yang masih terjaga kelezatannya membuat otak-otak ibu Sanny menjadi salah satu pilihan tempat membeli otak-otak yang populer di kota Makassar ini. Rasanya enak, kenyal, tidak terasa gatal di lidah dan sama sekali tidak ada bau amis yang tercium.

Tersedia juga pilihan paket otak-otak mulai dari kemasan isi 10 hingga 60 biji, anda dapat memilihnya sesuai keinginan. Letak kedai otak-otak Ibu Sanny ini berada di kaki jalan dan mudah dijangkau karena berada di pusat kota, hal inilah yang membuat dua lokasi ini populer sebagai tempat membeli otak-otak khas Makassar. Beberapa sopir taksi di Kota Makassar sudah mengetahui lokasi otak-otak Ibu Sanny sehingga tak perlu khawatir jika anda adalah wisatawan yang baru pertama kali pergi ke Makassar dan ingin membeli otak-otak Ibu Sanny sebagai oleh-oleh yang akan anda bawa untuk keluarga, sahabat dan rekan kerja.

Selain itu, kedua toko ini tidak hanya menjual otak-otak saja tetapi juga menjual beragam oleh-oleh khas Makassar lainnya, seperti udang segar, ikan kering, abon ikan tenggiri, gogos ikan tenggiri, madu asli, sup kepala ikan woku, sup kepala ikan pallubasa, bakso sapi, telur ikan tenggiri, telur ikan terbang, kain khas Bugis Makassar, kue-kue Makassar dan Manado, minyak gosok, sirup markisa, pernak pernik dan cinderamata khas Makassar lainnya. Jadi anda tidak perlu berpindah toko jika ingin berbelanja oleh-oleh khas Makassar.