Menikmati Sejuknya Berwisata Di Gunung Pancar

Menikmati Sejuknya Berwisata Di Gunung Pancar

By G-Traveler

Objek wisata Gunung Pancar adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat favorit bagi penikmat perjalanan, terutama dari masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Jika Anda lelah akan rutinitas dan hiruk – pikuk kota, maka berkunjunglah saat akhir pekan ke tempat wisata alam Bogor yang satu ini. Anda bahkan dapat menyegarkan tubuh dengan mandi air panas yang ada disana.

Gunung Pancar

Objek wisata Gunung Pancar adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sumber: Wisata Addicts

Wisata Gunung Pancar menyuguhkan Anda sebuah destinasi wisata alam yang lengkap bersama dengan tempat pemandian air panasnya. Selain itu, masih terdapat aktivitas menarik lainnya yang dapat Anda lakukan disana. Kawasan wisata ini terletak di ketinggian 300 – 800 meter diatas permukaan laut dengan kemiringan mencapai 15 – 40%. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi wisata tersebut. Bentang vegetasi Gunung Pancar terdiri dari hutan alam dataran rendah, hutan tanaman, serta semak belukar.

Pastinya udara sejuk dan pemandangan yang asri begitu kental terasa di tempat wisata ini. Suhu udara di kawasan wisata Gunung Pancar ini berkisar 24 derajat Celcius di kala malam hari dan pada siang hari suhu maksimal berkisar di sekitaran 33 derajat Celcius. Jawa Barat memang terkenal akan destinasi wisata alamnya. Selain Gunung Pancar, juga terdapat tempat pemandian air panas lainnya seperti Walini Ciwidey, Ciater, hingga Cipanas Garut.

sejuknya gunung pancar

Terlihat begitu sejuknya suasana di Gunung Pancar, sumber: klikHotel.com

Di Gunung Pancar, terdapat berbagai jenis tanaman, seperti Pinus, Rasamala, Puspa, Rotan, Jamuju, Saninten, dan masih banyak lagi. Kawasan wisata alam di Bogor ini juga memiliki sejumlah satwa yang hidup bebas. Jika beruntung, Anda mungkin dapat menjumpai kera, owa, surili, babi hutan, jelarang, serta sejumlah jenis burung. Burung yang sering ditemui di tempat ini adalah kutilang, ayam hutan merah, jalak, elang, dan lain – lain.

Oleh masyarakat lokal, Gunung Pancar dipercaya sebagai pondasi bumi yang utama atau pertama kali dibuat. Konon ketika bumi diciptakan, belum ada yang namanya gunung dan bumi masih rata dengan tanah. Oleh karena itu di bumi sering terjadi gempa. Melihat keadaan bumi yang tidak stabil, kemudian diciptakanlah gunung sebagai pasak atau pondasi agar bumi lebih tenang. Inilah sebab mengapa gunung ini dikenal dengan nama “Pancar”, yang artinya “muncul yang pertama”.

Untuk dapat masuk, Anda tentu saja harus membayar tiket masuk wisata Gunung Pancar yang ada di Kabupaten Bogor ini sebesar Rp 2 ribu per orang. Jika Anda membaawa kendaraan, cukup membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 1.500 untuk kendaraan roda empat dan Rp 1.000 untuk kendaraan roda dua. Sebagai salah satu destinasi wisata alam, Gunung Pancar menghadirkan pemandangan alami khas hutan lindung dengan jejeran pepohonan pinus yang menawan serta aneka pohon lainnya. Selain itu, telinga Anda akan kerap mendengar suara – suara satwa yang hidup bebas di kawasan tersebut. Inilah sebab objek wisata Gunung Pancar sering digunakan sebagai destinasi bagi kegiatan camping, bersepeda, joging, hiking, berkuda, berendam air panas, hingga wisata budaya.

Tersedia kuda yang dapat Anda naiki jika sekedar ingin berkeliling, tentu saja dengan biaya yang murah. Jika Anda gemar berolahraga, terdapat lapangan tenis serta juga rute hiking yang dapat Anda tempuh. Jika ingin lebih lama disana, Anda bahkan dapat menginap dengan mendirikan tenda di area yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata alam Gunung Pancar.

camping

Kegiatan camping yang dapat dilakukan di Kawasan Wisata Alam Gunung Pancar, sumber: Gunung Pancar

Salah satu kegiatan yang populer disini adalah tempat pemandian air panas Gunung Pancar. Untuk dapat berendam, Anda harus membayar biaya sebesar Rp 10 ribu per orang. Tempat air panas yang ada terbagi menjadi dua, yaitu untuk laki – laki dan perempuan. Air panas Gunung Pancar ini berasal dari mata air alami, yang dialirkan melalui pancuran ke kolam rendaman. Banyak wisatawan datang dan menikmati pemandian air panas di Gunung Pancar ini guna menghilangkan pegal – pegal dan badan yang kurang fresh. Air panas ini mengandung belerang dan mineral yang sungguh baik untuk terapi otot.

Pemandian air panas

Pemandian air panas yang ada di Gunung Pancar, sumber: Bobo Cantik

Tidak hanya wisata alam dan pemandian air panasnya, kawasan wisata Gunung Pancar juga memiliki tujuan wisata budaya yang menarik. Disana terdapat makam keramat yang konon telah berusia sangat tua. Beberapa nama tokoh yang dimakamkan di tempat tersebut, diantaranya Raden Lawulung, Ki Mas Bungsu, H. Dalem Putih, Raden Surya Kencana, Kalijaga, dan beberapa tokoh lokal. Pada hari – hari tertentu, terdapat juga pertunjukan seni budaya yang dipentaskan bagi para tamu.

Jika Anda ingin menginap di hotel, terdapat beberapa hotel yang lokasinya dekat dengan Gunung Pancar dan populer di kalangan penikmat perjalanan, misalnya Hotel Neo Green Savana Sentul City, RUKUN Senior Living Residence, dan HARRIS Hotel Sentul City Bogor. Hotel ini berlokasi di Sentul City, berjarak dalam radius sekitar 4 – 6 Km dari kawasan wisata Gunung Pancar. Anda dapat menghubungi pihak hotel sebelum Anda datang kesana untuk memesan kamar agar tidak kehabisan, selain itu Anda dapat mencari hotel yang ada di dekat kawasan wisata Gunung Pancar secara online melalui situs booking hotel online.

Terdapat beberapa rute perjalanan yang dapat Anda tempuh menuju kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar, baik itu dari Bandung, Jakarta, atau dari kota Bogor. Dari Jakarta, perjalanan ke Gunung Pancar akan menempuh jarak sejauh 45 Km. Jika Anda berangkat dari arah Cawang di Jakarta, maka rute perjalanan adalah masuk jalan tol ke arah Bogor. Setelah itu, masuk ke tol Sentul City, kemudian ambil arah kanan menuju jalan Sentul Raya. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 8 Km, Anda akan sampai di bundaran yang hanya berbentuk setengah lingkaran, kemudian ambil arah kiri. Dari sana, perjalanan akan menempuh jarak sekitar 600 meter, lalu ambil arah kanan dan kemudian cari arah menuju ke Babakan Madang. Selanjutnya, ikuti petunjuk arah menuju Jalan Sumur Batu. Dari sana, Anda hanya perlu mencari Jalan Uli hingga menemukan Jalan Air Panas. Di Jalan Air Panas inilah Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar berada.