Serba Serbi Tiket JR East

Serba Serbi Tiket JR East

By John Travel

Beberapa orang yang akan liburan ke Jepang biasanya akan mempertimbangkan banyak hal ketika mereka akan liburan. Mulai dari tiket pesawat, akomodasi selama di Jepang hingga jenis transportasi apa yang akan digunakan selama di Jepang. Walaupun sebenarnya harga tiket ke Jepang saat ini sudah dijual dengan harga yang murah, namun biaya hidup di Jepang sendiri yang cukup mahal kadang membuat beberapa orang akhirnya berpikir ulang ketika akan ke Negara Sakura ini. 

Sumber: http://GoTokyo.org

Padahal jika anda bisa mendapatkan informasi dengan lebih lengkap, maka anda akan menemukan JR Pass. Ini adalah salah satu kartu/tiket khusus yang bisa digunakan oleh wisatawan yang ingin menikmati layanan transportasi umum yang ada di Jepang. Dengan demikian akan jauh lebih murah untuk anda mengeluarkan biaya transportasi selama di Jepang. Ada beberapa jenis JR Pass yang bisa anda pilih disesuaikan dengan tujuan wisata anda selama di Jepang. Namun jika ingin mencangkup banyak destinasi wisata maka pilihannya  bisa jatuh ke Tiket JR East. Alasannya adalah karena JR East ini adalah salah satu tiket terusan kereta yang bisa mencangkup wilayah Jepang Timur. Dengan tiket ini anda bisa ke kawasan Kanto, Tohoku, Nagano Niigata dan lainnya. Dimana ini adalah salah satu kawasan untuk destinasi wisata favorite dari hampir semua wisatawan yang datang ke Jepang. 

Jenis  Tiket JR East

Ada dua jenis dari tike JR East yang dibagi berdasarkan daerahnya. Diantaranya adalah 

  • JR East Tohoku, ini adalah salah satu jenis tiket JR East yang mana anda bisa naik kereta unlimited untuk semua kereta yang ada di kawasan Kanto ( untuk kawasan Tokyo dan sekitarnya) serta kawasan Tohoku (untuk kawasan Fukushima dan sekitarnya). Dengan menggunakan tiket ini anda bahkan bisa mengunjungi kawasan populernya dengan menggunakan kereta secara gratis dengan masa waktu tiketnya adalah 14 hari setelah anda menukarkannya, dan anda bisa menggunakannya selama 5 hari. Anda juga tidak harus menggunakannya 5 hari secara bersamaan, namun anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan selama kurun waktu 14 hari. Dengan tiket ini anda juga bisa menggunakannya tiket ini maka akan benar – benar sangat menghemat biaya perjalanan anda selama liburan di Jepang.  
  • JR East Nagano Niigata. Ini adalah salah satu tiket yang sangat memungkinkan anda untuk bisa naik kereta dengan unlimited untuk semua kereta dari Kanto ( untuk kawasan Tokyo dan sekitarnya) dan untuk area Nagano serta Niigata. Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa anda kunjungi dengan tiket ini, mulai dari menuju ke Pemandian air panas hingga ke Jigokudani Monkey Park. Disini anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan tak akan terlupakan. Untuk masa berlaku tiket adalah 14 hari dan bisa anda gunakan untuk 5 hari penggunaan unlimited.

Hal Penting dari Tiket JR East

Karena penggunaannya yang sangat bermanfaat untuk wisatawan, maka sebagai wisatawan anda juga harus memahami hal penting ketika anda menggunakan Tiket JR East ini. Sehingga anda bisa menggunakan tiket sebagaimana mestinya.

  1. Anda setidaknya harus mengetahui jalur dari masing – masing tiket JR East, mulai dari JR East Tohoku hingga JR East Nagano dan Niigata. Walaupun sama – sama kawasan timur Jepang namun jalurnya berbeda
  2. Karena pemesanan tiketnya gratis, maka anda bisa memilih kursi yang anda inginkan
  3. Jika anda menggunakan tiket JR East ini maka anda bisa gratis juga untuk menggunakan bus JR tanpa batasan terkecuali highway bus. Untuk wilayah busnya juga ditentukan. Jadi anda harus mencari informasi dengan lengkap sehingga bisa menggunakan tiket ini dengan maksimal. 
  4. Seperti yang dijelaskan sebelumnya tiket JR East ini sendiri bisa digunakan secara unlimited, namun ada masa waktunya. Tiketnya berlaku untuk lima hari yang bisa anda tentukan secara fleksibel dalam kurun waktu 14 hari atau dua minggu setelah tiketnya anda cetak. Dan validasinya melihat hari berdasarkan dengan kalender bukan 24 jam. 
  5. Dan yang terpenting adalah tiket ini hanya digunakan untuk wisatawan asing dengan pemilik visa kunjungan sementara.